728x90 AdSpace

Update
1 Januari 2017

Kabar Duka Ciwaru di Penghujung Tahun 2016



suarakuningan.com - Sabtu (31 Desember 2016) di wilayah Kecamatan Ciwaru telah terjadi Bencana alam longsor, tanah amblas, dan pohon tumbang.

Di Dusun Cimeong Desa Citundun sekira pukul 18.30 wib kejadian sangat memprihatinkan. Kondisi rumah milik Wawan, pada bagian dinding dapur jebol tertimpa longsoran tanah dari pekarangan Ibu Jumsih.

Terjadinya pergeseran tanah di jalan yang dipasangi patok BPBD yang sebelumnya bergeser kurang lebih 10 cm dari tempat semula, terjadi amblas kurang lebih 1 m.

Pohon kemiri dan pohon beringin tumbang menimpa jembatan yang berdekatan dengan MCK. Lalu terputusnya akses jalan yang menuju Dusun Cimeong tertimpa material longsoran tanah dari tebing sepanjang 10 meter dengan tinggi 3 meter.

Terjadinya tanah amblas di pekarangan rumah milik ibu Rohamah sekitar 1 m panjang 25 m. - Longsor dan pohon tumbang di akibatkan hujan deras dari mulai pukul 16.00 wib sampai malam.

Akibat kejadian tersebut jalan yang menuju cimeong tidak bisa dilewati kendaraan. Meski tanpa korban jiwa, akibat kejadian tersebut warga Dusun Cimeong harus diungsikan karena dikhawatirkan amblasnya tanah merambat.

Antisipasi yang dilakukan aparat desa, anggota koramil 1505/Ciwaru dipimpin Kapten ARH Mulayadi dan BPBD membantu warga mengungsi ke tempat yang lebih aman dan membuat dapur umum di SD 1 Cilayung.

Di Desa Sagaranten sekira pukul 20.00 Wib, jalan penghubung Desa Sagaranten menuju Desa Linggajaya longsor sepanjang 20 M lebar 3 M tinggi 30 M. Akibat kejadian tersebut kendaraan roda 4 tidak bisa melintas.

Sementara di Desa Ciwaru sekira pukul 20.30 Wib, jalan penghubung Desa Ciwaru menuju Dusun Pamuruyan terjadi tanah longsor dengan volume panjang 7 m lebar lebar 10 m ketinggian 13 m dan mengakibatkan kendaraan roda 4 tidak bisa melintas.

Rangkaian lempengan Desa Lingga Jaya Dusun Cikoneng sekira pukul 19.00 Wib terjadi longsor mengancam rumah indra (RT. 04/05) Cikoneng Girang Lalu longsor mengancam rumah Rosad. Longsor menimpa ruas jalan ke arah cikoneng hanya bisa dilalui motor 4.

Pohon tumbang Menimpa rumah Imam di lokasi berdekatan, menyebabkan rusak ringan bagian atap rumah.

Kemudian jalan penghubung Desa Citundun ke Desa Sumberjaya tertimpa longsor sepanjang 10 m lebar 5 m ketinggian 14 m. Juga di Dusun Karangsari longsor menimpa dinding dapur rumah Taryudin dan dinding dapur rumah Rohman. Tinggi 20 M lebar 10 M 3.

Terakhir, jalan penghubung Dusun Karangsari ke Dusun Cirahayu longsor menutup badan jalan sepanjang 10 m lebar 5 m ketunggian 13 m.(cartaz/kodim/0615/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kabar Duka Ciwaru di Penghujung Tahun 2016 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan