Hot News
1 Februari 2017

Himatika Gelar Semesta 2017



suarakuningan.com - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan “Semarak Kompetisi Matematika (Semarak) 2017” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan, Rabu (1/2).

Acara yang bertemakan “Show Your Intellegence Sportivity and Creativity to Change The World With Mathematics Competition” itu, dihadiri Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Wakil Rektor III Universitas Kuningan Ilham Adhya, M.Si., Perwakilan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sekertaris Program Studi Pendidikan Matematika Muhammad Riyadi, M.Pd., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan Prodi Pendidikan Matematika, Ketua Himatika Rizal Fauzi beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya.

“Kegiatan Semesta 2017 tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan stimulus dan motivasi untuk lebih mencintai matematika sebagai basic science, menumbuhkan pola piker logis, kritis, sistematis dan konsisten serta membentuk pribadi yang kreatif dan inovatif, mengembangkan sikap mental dan pendewasaan diri melalui latihan-latihan bernalar dalam rangka pembinaan watak dan kepribadian, menjalin rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan dan mengembangkan dan melatih kemampuan berpikir pelajar terhadap pelajaran yang diperoleh di bangku sekolah khususnya mata pelajaran matematika dalam mengahadapi Ujian Nasional (UN),” kata Rizal Fauzi selaku Ketua Himatika FKIP Uniku ketika ditemui usai acara pembukaan Semesta 2017 tersebut.

Dalam pelaksanaan kegiatan “Semesta 2017” itu, selain melaksanakan kegiatan seminar nasional, Himatika FKIP Uniku menggelar juga beberapa jenis perlombaan diantaranya kompetisi media pembelajaran matematika untuk tingkat SMA/SMK/MA/sederajat se-wilayah III Cirebon, kompetisi matematika untuk tingkat SMA/MA se-wilayah III Cirebon, kompetisi matematika tingkat SMK se-wilayah III Cirebon dan kompetisi matematika untuk tingkat SMP/MTS/sederajat se-Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini jumlah peserta yang mengikuti kegiatan “Semesta 2017” sebanyak 163 peserta. Untuk tingkat SMA/SMK/MA berjumlah 123 dan tingkat SMP/MTS berjumlah 40,” tuturnya.

Sedangkan, Wakil Rektor III Universitas Kuningan Ilham Adhya, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran panitia khususnya para pengurus Himatika FKIP Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan Semesta 2017 ini bisa terselenggara dengan sukses dan lancar.

“Terimakasih, kepada semua jajaran pengurus Himatika yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, Ilham berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan ke depannya Himatika konsisten dengan selalu menyelenggarakan kegiatan kompetisi seperti ini.

“Iya, kalau bisa jadikan sebagai agenda acara tahunan dari Himatika itu sendiri dengan nama yang konsisten sama seperti sekarang ini. Karena, tidak ada matematika maka tidak ada ilmu yang lainnya. Maka dari itu, mari kita pelajari lebih dalam ilmu matematika dan dengan adanya kompetisi ini semoga semangat untuk belajar matematika bisa lebih tinggi lagi,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang disekenggarakan oleh Himatika FKIP Uniku tersebut.

“Kegiatan seperti ini dirasa sangat positif sekali dan sangat banyak manfaatnya bagi siswa siswi mulai dari tingkat SMP/MTS/sederajat maupun sampai dengan tingkat SMA/SMK/MA /sederajat,” tuturnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar dan sikap disiplin baik di lingkungkan sekolah maupun di luar sekolah.

“Semoga, dari kompetisi ini bisa lahir bibit-bibit potensial yang nantinya dapat mewakili Kabupaten Kuningan baik di tingkat regional maupun nasional dalam perlombaan matematika khususnya,” harapnya.   (asepSupriadi/Uniku/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Himatika Gelar Semesta 2017 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan