728x90 AdSpace

Update
9 Maret 2017

Tentara Belanda Takut Serbu Kawasan Balong Naga





suarakuningan.com - Saat invasi Belanda ke Indonesia menggunakan senapan tangan, hampir seluruh wilayah di Kuningan sampai pelosok disisir untuk menangkapi para pejuang Indonesia.

Uniknya ada beberapa wilayah yang konon, para tentara Belanda enggan atau lebih tepat takut memasukinya.

"Duka kunaon, walanda teh ngabedilan ti beulah kidul make senapan otomatis, tapi teu daek asup ka dieu mah (entah kenapa, Belanda tuh menembaki dari sebelah selatan dengan seulirnapan semi otomatis, tapi tidak berani masuk ke sini)," demikian kutipan Kiai H. Yos (88 th) sesepuh Desa Silebu Kecamatan Pancalang.

Abah Iyos memperkirakan kekompakan pemuda dengan bambu runcingnya sempat bikin ketar ketir pasukan Belanda berulang kali. Entah ada kaitan juga dengan "Sendang Semar" dan "Balong Naga" yang memang sudah cukup santer "kemisteriusannya" sejak jaman dahulu sebelum perang kemerdekaan.

Sendang (situ/balong gede) dinamai Semar karena bentuknya mirip tokoh pewayangan Semar. Sedangkan Balong Naga memiliki bentuk unik seperti ulir atau angka sembilan atau huruf arab "wau" dilihat dari atas.

Riwayat situs balong naga ini masih belum banyak tersiar. Hasil pengukuran menggunakan metal detector aplikasi android oleh Komunitas Kelana Buana Ralthagan menunjukkan angka 130 mikro tesla. Angka ini cukup menunjukkan usia batu yang cukup tua.

Hingga saat ini situs balong naga belum terpelihara baik, dan belum terdokumentasi banyak. Hanya menurut abah Iyos, kakeknya pernah bercerita berkaitan dengan nama "Mertasinga" dan "Surya Jah Nagara".(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Tentara Belanda Takut Serbu Kawasan Balong Naga Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan