728x90 AdSpace

Update
10 Juni 2018

"Coretan Kecil Pilihan Kepala Daerah (Bagian 2)


Kang Rioanto

suarakuningan.com - Sebenarnya dapat kita kelompokan dalam Pilkada, yakni 1. Karakter Penyerang, 2. Karakter Cari Aman, dan 3. Karakter Pemenang. Hal ini biasa terjadi dalam setiap Pilkada, baik Pemilihan Bupati/Wakil Bupati atau Gubernur/Wakil Gubernur. 

   Berbagai siasat dan cara banyak digunakan oleh para Paslon dan Tim Suksesnya, dari mulai mempermak habis Paslon sampai menjatuhkan Paslon lainnya. Hal yang wajar memang dalam sebuah persaingan atau kompetisi Pilkada, hanya perkembangan jaman pun harus sangat diperhatikan oleh para Paslon dan Tim Suksesnya.

   Perkembangan jaman Milenial yang berkeadaban di Indonesia, mencerdaskan Rakyat atau para pemilih menjadi berpikir rasional dan mempelajari rekam jejak para figur Paslon satu persatunya. Hal ini cenderung Rakyat akan merasa bosan dan jenuh pada Paslon dan Tim Suksesnya yang menggunakan karakter Penyerang dan Karakter Cari Aman. Kenapa demikian ??? Karena semakin masifnya penyerangan dengan berbagai macan isu, hoak, sampai menjatuhkan dengan SARA atau sebagainya, rakyat akan semakin mencari tahu kebenarannya.

   Rasa penasaran rakyat pada kebenaran dan mencari tahu data yang sebenarnya dari setiap isu, hoak, menjelek jelekan, dan lainnya, ini akan mencapai titik jenuh serta data kebenaran yang sebenarnya. Ketika rakyat sudah sering menemukan data dari Paslon dan Tim Sukses tentang isu, hoak dan sebagainya bohong maka perlahan namun pasti rakyat akan meninggalkan Paslon Pilkada serta mencapnya "Paslon Karbitan".

   Kenapa "Paslon Karbitan" ??? Karena Pasangan Calon tersebut membesarkan diri dengan isu, hoak, dan sebagainya, dengan akan ketahuan kebohongan dan bahkan akan terungkap yang sebaliknya. "Paslon Karbitan" ini akan semakin terjebak oleh Tim Suksesnya dan hanya akan menghambur hamburkan biaya yang tidak penting hanya untuk seperti "Karbit Lodong" (Mainan Anak Jaman Old).

   Sedangkan "Karakter Cari Aman" yakni Pasangan Calon yang memanfaatkan dari Karakter Penyerang dari Paslon lain sehingga Paslon dan Tim Sukses ini akan senantiasa mendorong serta mengadu domba Paslon Paslon lainnya terutama pada Paslon Penyerang.

   Paslon Cari Aman seperti "Paslon Watados" (Wajah Tanpa Dosa), Paslon ini akan senantiasa muncul dan tenggelam dengan manuver manuver cenderung sama dengan "Paslon Karbitan" hanya gerakannya lebih tertutup dan diam.

   Yang terakhir adalah "Karakter Pemenang" maka Paslon yang memiliki karakter ini akan sangat menghitung penting atau tidak pada setiap pergerakan, isu, hoak atau sebagainya, sehingga akan sangat hati hati dalam setiap hal. "Paslon Pemenang" ini akan disebut sebagai "Paslon Leader", kenapa demikian ??? Karena setiap langkah dan pergerakan "Paslon Leader" akan diikuti, dikritisi, dicari kesalahan kesalahan sebelum dan sesudahnya, dan bahkan akan ditiru. Paslon pada "Paslon Leader" akan mengendalikan sepenuhnya Tim Sukses bukan sebaliknya seperti pada "Paslon Karbitan" dan "Paslon Watados". Pasangan Calon ini akan mampu merencanakan, mengorganisasi, blusukan dan mengontrol serta mengendalikan Tim Sukses dari setiap sisinya. Paslon seperti ini akan dapat dipastika akan jadi "Pemenang Pilkada".

   Demikian coretan kali ini, semoga Allah SWT tetap membukakan Mata, Telinga dan Hati kita semuanya...aamiin..." #NgabudayaPancasila #GaaasssPooolll #NgopiJabar #NgopiKuningan #WisataPolitik #DamaiDalamKeBhinnekaan #Jooos
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: "Coretan Kecil Pilihan Kepala Daerah (Bagian 2) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan