Hot News
18 September 2018

Pemburu Berita Kuningan, Digratiskan Ikut UKW



suarakuningan.com - Puluhan pemburu berita yang bertugas di wilayah Kabupaten Kuningan baik yang bekerja di media cetak, media radio, media elektronik maupun  media online, digratiskan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., menyebutkan, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, para kalangan pemburu berita di wilayah Kota Kuda, pihaknya berusaha melakukan terobosan-terobosan baru melalui peningkatan wawasan dan pengetahuan kewartawanan. 

Termasuk pemahaman Kode Etik Jurnalistik yang harus dijadikan pedoman pergerakan dalam bekerja dan mencari berita oleh seluruh jurnalis agar segala sesuatunya, tidak keluar dari rel yang telah ditetapkan. Sehingga pemberitaan-pemberitaan yang dibuat pun,  benar-benar berimbang sekaligus dapat dipertanggungjawabkan alias tidak hoak.

Khususnya untuk tahun 2018 ini, lanjut lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) tingkat Provinsi Jawa Barat angkatan II, PWI Kabupaten Kuningan akan menyelenggarakan kegiatan UKW supaya para wartawan memiliki kompetensi sebagaimana mestinya sesuai dengan program Dewan Pers.

Namun diakui, dalam penyelenggaraan UKW, memerlukan biaya yang cukup lumayan besar dan para wartawan, biasanya terkendala dari sisi pembiayaannya. Sehingga khusus bagi wartawan yang bertugas di Kabupaten Kuningan, diringankan dengan dibebaskan dari segala biaya alias gratis.

Asalkan, mereka memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Di antaranya, bekerja di perusahaan media yang berbadan hukum  Perseroan Terbatas (PT) atau yayasan, mendapatkan rekomendasi dari pimpinan redaksi (pimred), mengisi formulir yang sudah disediakan dan sebagainya.

“Insya  Allah, sesuai jadwal. Rencana UKW akan diselenggarakan tanggal 21-22 September di Wisma Permata. Dan bagi wartawan Kabupaten Kuningan, kami menyediakan kuota gratis sebanyak 30 orang tetapi sampai sekarang, yang mendaftar, baru 25 orang saja sehingga masih kurang 5 orang lagi.

Padahal jauh-jauh hari, para pengurus PWI menginformasikan rencana UKW yang akan melibatkan tujuh penguji pusat dan provinsi kepada wartawan yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Termasuk organisasi-organisasi kewartawanan yang ada di Kabupaten Kuningan,” ujarnya, Selasa (18/9).

Disinggung peserta dari luar daerah, Iyan Irwandi menerangkan, berdasarkan data yang masuk ke panitia yang diketuai oleh Nunung Khazanah (sekretaris PWI Kuningan), ada belasan wartawan wilayah III  yang akan ikut tetapi mereka dikenakan biaya seperti penyelenggaraan UKW pada umumnya.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pemburu Berita Kuningan, Digratiskan Ikut UKW Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan