728x90 AdSpace

28 April 2019

Porbi dan The Brother ‘Moro’ Bagong di Hutan Cibailat Parakan



suarakuningan.com – Hama babi yang makin meresahkan dan merugikan petani di Desa Parakan Kecamatan Maleber diburu oleh ratusan pemburu beserta masyarakat, Minggu (28/4).

Para pemburu dilengkapi senjata tombak dan bambu dengan membawa ratusan anjing untuk memburu.
"Kami merasa sedih kalau babi sudah merusak tanaman, udah cape tanam dari awal. Tapi sekarang dengan adanya acara berburu besar-besaran di desa kami ini yaitu desa Parakan Kecamatan Maleber diharapkan hama musnah atau setidaknya berkurang," ujar Agus salah satu warga.

Para pemburu dari luar Kabupaten Kuningan ikut jadi peserta yaitu, Jateng, DKI, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, dan Majalengka. Sekaligus merupakan agenda “Buru Silaturahmi”.

"Saya berharap diadakan rutin di desa kami, semoga pemerintah juga bisa mrmperhatikan dan peduli dengan keluhan petani yang selalu merugi akibat hama babi. Para pemburu juga bisa dibantu oleh pemerintah biar bisa lancar dalam menjalankan tugas mulianya membatu petani," kata Agus.

Maman selaku Ketua Penyelenggara berharap event bertajuk Buru Silaturahmi bisa membangkitkan rasa gotong royong untuk saling membantu antara pemburu hama babi dengan para petani (masyarakat). Selain itu, budaya berburu babi diharapkan bisa melestarikan karena salah satu bentuk olah raga dan seni atau budaya tradisional, serta bisa mempererat silaturahmi dan mempersatukan antar komunitas pemburu, khususnya Kuningan dan umumnya seluruh Indonesia.




"Event ini kerja bareng The Brother dengan Porbi Kuningan, Pamor, Agt, Bkk, Kompak dan komunitas lainnya. Tidak ketinggalan juga dengan event berburu ini mudah-mudahan bisa dijadikan destinasi Wisata Berburu," terang Maman.

Kepala Desa Padamulya, Marno, sangat mendukung kegiatan tersebut karena membantu keluhan para petani yang selalu tanamannya diserang hama babi. Dengan adanya event resmi yang diselenggarakan oleh The Brother dengan pesertanya begitu banyak tersebut bisa meningkatkan sentra ekonomi masyarakat.

H Iwan Setiawan (Porbi Kuningan / The Brother) menyampaikan dengan melihat hasil survei Porbi Jabar dan Porbi Jateng di lokasi Desa Parakan, Cikahuripan dan Padamulya termasuk lokasi terbaik di Jabar yang kategori masuk regulasi nasional.

"Maka pada waktu yang akan datang akan diselenggarakan event nasional. Insya Allah," tekad Iwan. (red)



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Porbi dan The Brother ‘Moro’ Bagong di Hutan Cibailat Parakan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan