Iklan Google 728

7 Oktober 2019

Jalan Akses Situs Sagarahiang Kembali Dibangun Dengan Dana Pribadi

suarakuningan.com - Situs Sagarahiang yang berlokasi di areal kawasan TNGC di Desa Sagarahiang Kecamatan Darma kerap dikunjungi dari berbagai kalangan dan daerah. Tak kurang para wisatawan dan peneliti dari mancanegara pun bertandang ke situs yang diperkirakan sisa peradaban yang dibangun 1000 - 1500 SM.

Namun jalan akses yang membentang dan cukup curam kendaraan roda empat keadaannya masih belum layak. Walhasil, dengan menggunakan dana pribadi seadanya, penjaga Situs Sagarahiang, Ukad (50) memperlebar jalan dan membangun TPT sepanjang hampir 500 meter.

Beberapa orang turut membantu pengerjaan "proyek jalan" yang materialnya sebagian menghutang karena belum adanya dana.

Ditemui di lokasi pekerjaan, Senin (7/10), Ukad menyampaikan bahwa pengerjaan pelebaran, pengerasan dan TPT ini ke empat kali nya tergantung kondisi keuangannya. "Itupun masih berhutang material dan buruh kerja," ujarnya.

"Ini tahap keempat yang dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan jalan dalam dua tahun ini. Satu pengerjaan bisa menghabiskan dana kisaran 35 - 40 juta," paparnya.

Jalan akses situs bersejarah sisa peradaban masa lalu ini hampir sepanjang 1 kilometer dan masih digunakan untuk Jalan Usaha Tani karena di perbatasan kawasan TNGC, banyak masyarakat yang bertani. Perkebunan kopi dan sayuran cukup dikenal berasal dari kawasan Desa Sagarahiang ini.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Jalan Akses Situs Sagarahiang Kembali Dibangun Dengan Dana Pribadi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan