Iklan Google 728

16 Oktober 2019

PKBM Al-Hidayah Melaksanakan 5 Model Pembelajaran PNF


suarakuningan.com - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan prakarsa pembelajaran masyarakat yang didirikan dari, oleh dan untuk masyarakat. PKBM adalah suatu institusi yang berbasis masyarakat (Community Based Institution).
 

PKBM  merupakan suatu wadah dimana seluruh kegiatan belajar masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan/keahlian, hobi, atau bakatnya yang dikelola dan diselenggarakan sendiri oleh masyarakat. PKBM adalah sebagai wahana untuk mempersiapkan warga masyarakat agar bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk dalam hal meningkatkan pendapatannya. 

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah pendidikan masyarakat serta kebutuhan akan pendidikan masyarakat, definisi PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Yayasan Al-Hidayah sekaligus Pembina PKBM Al Hidayah, Drs Cece Sutisna, M.Mpd saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (16/10).

Menurutnya Kegiatan belajar masyarakat tidak ada batasan waktu dan usia untuk menempuh proses pembelajaran kapan dan dimana saja. ”Alhamdulillah masyarakat sudah mulai paham dan mengerti tentang PKBM karena PKBM di bentuk dari masyarakat untuk masyarakat,”ungkapnya

Di tambahkan Cece ada lima model pembelajaran di Pendidikan non Formal (PNF) yang diantaranya tatap muka,Tutorial metode daring, Home school dan mandiri. Secara umum pembelajaran tutorial (tutoring) adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada warga belajar (tutee) untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri warga belajar secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. Pembelajaran tutorial dilaksanakan secara tatap muka atau jarak jauh berdasarkan konsep belajar mandiri.

Cece memaparkan, “Konsep belajar mandiri dalam tutorial dibedakan dengan bentuk pembelajaran mandiri sebagaimana diatur dalam standar isi dan standar proses program pendidikan kesetaraan. Konsep belajar mandiri dalam tutorial mengandung pengertian, bahwa tutorial merupakan bantuan belajar dalam upaya memicu dan memacu kemandirian, disiplin, dan inisiatif diri warga belajar dalam belajar dengan minimalisasi intervensi dari pihak pembelajar/tutor”. 

Sedangkan metode daring menurutnya adalah motode menggunakan jaringan internet atau online sehingga bisa melaksanakan  belajar jarak jauh adapun Keunggulan dari metode pendidikan jarak jauh antara lain Proses pembelajaran dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh keharusan pengajar dan peserta didik untuk berada di ruang dan waktu yang sama, Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi sebagai media pembelajaran menimbulkan biaya yang lebih rendah baik bagi penyelenggara pendidikan jarak jauh maupun peserta didik,Materi ajar dan berbagai interaksi dalam bentuk tulisan yang dikemas secara digital memungkinkan peserta didik untuk dapat membaca kembali berulang-ulang informasi yang tercatat di dalamnya.

Ketika di singgung terkait dengan PKBM AL-Hidayah Cece menuturkan sampai saat ini paserta PKBM mencapai 306 peserta”saya atas nama Ketua yayasan Al-Hidayah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung untuk kelancaran berjalan nya Kegiatan belajar masyarakat di Yayasan kami”pungkasnya.(Maman Kondang)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: PKBM Al-Hidayah Melaksanakan 5 Model Pembelajaran PNF Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan