728x90 AdSpace

Update
10 Januari 2020

DT Peduli Kuningan Ternak Tangguh di Desa Rambatan

suarakuningan - Setelah program kesehatan, pendidikan, dakwah, dan kemanusiaan, Desa Tangguh Rambatan akan segera mempunyai program ekonomi Ternak Tangguh. Dusun Parenca, menjadi sasaran utama yang akan mengembangkan program ini pada Februari 2020 mendatang.

“Ternak Tangguh akan segera digulirkan di desa ini. Selain dipersiapkan untuk peresmian Desa Tangguh Rambatan, hal ini juga dilakukan agar ketika Hari Raya Idul Adha 2020, program tahunan Qurban Peduli Negeri bisa mendapat pasokan hewan kurban,” ujar Kabag Program DT Peduli Kuningan.

Adapun proses menuju program Ternak Tangguh sudah dilakukan sejak Desember 2019 lalu, secara bertahap. Proses yang dilakukan meliputi assessment lingkungan dan iklim, keterampilan masyarakat, dan perekrutan mulai dari pemberian kuesioner, survei ke rumah-rumah dan lokasi kandang calon peserta, menentukan ketua kelompok, hingga tanda tangan kontrak dengan penerima program Ternak Tangguh.

Jumat (10/1), di balai Dusun Parenca, DT Peduli memberikan subsidi untuk pembuatan dan perawatan kandang. Kegiatan ini diikuti para peternak kecil yang akan menjadi peserta program Ternak Tangguh.

“Subsidi ini diberikan kepada calon penerima hewan ternak yang sudah layak berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan. Total ada 9 orang calon penerima. Masing-masing mendapatkan subsidi sebesar Rp 500 ribu,” jelas Pipin. 

Selanjutnya, setelah ditargetkan akhir Januari kandang-kandang rampung, awal Februari domba-domba akan diserahkan kepada penerima program. Setiap peternak menerima 5 hewan ternak.

Kepala DT Peduli Kuningan, Jajang Nurjaman turut hadir pada acara pemberian subsidi tersebut. Jajang sangat optimis dengan program Ternak Tangguh yang akan dijalankan. Menurutnya, Ternak Tangguh dirasa akan memberikan dampak positif yang sangat luas, baik bagi peternak itu sendiri, maupun lingkungan sekitarnya.

“Insya Allah, Ternak Tangguh ini didesain agar para penerima manfaat yaitu para peternak bisa mandiri. Tentu ini bukan hal mudah, butuh proses panjang untuk sampai ke sana. Bagaimana nantinya para peternak bisa menghasilkan domba-domba unggulan, juga menghasilkan rezeki yang berkah. Maka kita dampingi kegiatan Ternak Tangguh ini dengan pembinaan. Baik keahlian berternaknya, juga ketangguhan tauhidnya kepada Allah,” pungkas Jajang. (Wahyu/Humas DT Peduli/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: DT Peduli Kuningan Ternak Tangguh di Desa Rambatan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan