Hot News
2 Februari 2020

Bertujuan Tingkatkan Pemahaman Hukum, YBH Kuningan Dibentuk



Suarakuningan - Yayasan Bantuan Hukum (YBH) Kuningan dibentuk atau berdiri atas kesamaan pandang dari beberapa aktivis dan pemerhati hukum terkait kondisi pemahaman masyarakat terhadap hukum dan kebutuhan masyarakat berdasarkan banyak timbulnya problematika-problematika hukum yang dihadapi oleh masyarakat. 

"Tujuannya adalah pertama untuk memberikan edukasi hukum kepada masyarakat secara luas, khususnya bagi masyarakat awam yang ada di daerah-daerah agar menambah wawasan terkait pengetahuan hukum, sehingga masyarakat berani untuk melakukan pembelaan bagi dirinya sendiri atau minimal bisa melaporkan problematika yang terjadi di lingkungannya kepada aparat yang berwajib." tutur Asep Komarudin Ketua YBH Kuningan.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa tujuan lainnya adalah untuk melakukan bantuan hukum kepada masyarakat umum, terkait problematika hukum yang dialami masyarakat berupa pendampingan hukum secara litigasi dan non-litigasi (di luar pengadilan).

"YBH Kuningan dibentuk sebagai aktualisasi keilmuan dan bekal yang di dapat oleh teman-teman untuk penyaluran bantuan kepada publik, agar dapat membantu masyarakat untuk berkonsultasi hukum terhadap permasalahan hukum yang saat ini banyak dialami masyarakat. Semoga YBH ini dapat menjadi sarana publik yang dapat membantu mencerdaskan masyarakat dan mengagas masyarakat sadar hukum." ujar Pembina YBH Kuningan Imam Hidayat.

Grand Launching YBH Kuningan ini dikemas dalam bentuk talkshow ini mengundang beberapa pihak diantaranya dari Akademis Hukum UMC Sarip, S.H., M.H, AKP. Danu Raditya Atmadja., S.E., S.Ik., M.H. Kasat Reskrim Polres Kuningan, dan Drs. Ahmad Nashohah, M.H. Wakil Pengadilan Agama Kuningan.

Giat yang bertemakan "Membangun Masyarakat Sadar Hukum" tersebut oleh para narasumber disambut baik dan diapresiasi. "Adanya YBH Kuningan sebagai lembaga publik yang dapat mendorong edukasi hukum bagi masyarakat." Ujar Sarip Akademisi UMC yang diamini oleh narasumber lainnya.(Zibrillian/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Bertujuan Tingkatkan Pemahaman Hukum, YBH Kuningan Dibentuk Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan