728x90 AdSpace

Update
29 Februari 2020

Jabar Bergerak Wilayah Kabupaten Kuningan Turut Dilantik Kang Emil


suarakuningan - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan pengurus dan anggota Relawan Jabar Bergerak di Gedung Negara Pakuan, Sabtu, 29/2.

Kang Emil (panggilan akrabnya Ridwan Kamil. Red) menyadari Jabar Bergerak dapat meringankan tugas pemerintah yang berat, baik itu pemerintah provinsi ataupun pemerintah kabupaten/kota, bahka pemerintah pusat. Untuk itu, dibutuhkan dukungan elemen non pemerintah untuk bergerak bersama menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan skema Pentahelix (Academia, Business, Comunity, Goverment dan Media).

"Jabar Bergerak ini sifatnya mandiri, tidak akan mengurusi/mengakses dana-dana dari Pemprov karena dalam komunitasnya mereka punya sponsor-sponsor sendiri. Jadi ini seperti Jabar Quick Respon tapi versi 'masyarakatnya', yang dimana mereka merasa bahagia kalau bisa menolong," dikatakan Gubernur dalam sambutannya kemarin.

Menurutnya, salah satu masalah terbesar Jawa Barat adalah melayani jumlah penduduk yang besar, terutama pada era reformasi yang telah membawa Indonesia menjadi lebih terbuka dan demokratis. Maka itu, "Kemarin mereka juga membantu di Bogor, Karawang, Subang, dan Kuningan. Jadi mereka rutin membantu bila ada bencana. Karena bencana ini rutin di Jawa Barat, jadi bisa difokuskan kepada mereka pada saat birokrasi di pemerintahan terlalu panjang urusannya," tutup Emil. 

Perkumpulan ini dipimpin langsung oleh Atalia Praratya Kamil yang notabene Istri Gubernur sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Adapun kepengurusan Wilayah yang dikukuhkan kemarin baru berjumlah 20 Kabupaten/Kota, yakni Kab. Kuningan, Kota Tasikmalaya, Kota Depok, Kab. Sukabumi, Kab. Indramayu, Kab. Bekasi, Kota Bandung, Kab. Sumedang, Kab. Bandung Barat, Kab. Pangandaran, Kab. Garut, Kab. Bogor, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Ciamis, Kab. Bandung, Kota Cimahi, Kab. Majalengka, serta Kab. Karawang.

Dalam pengukuhan tersebut juga diikuti oleh calon pengurus dari Kabupaten Kuningan, delegasi Kuningan diantaranya Asep S Sonjaya Suparman (Ketua), Nanan Abdul Manan, M.Pd (Wk. Ketua), Ade Aspandi S.Pd.I (Sekretaris) dan Rian Septian (Bendahara), juga hadir pengurus dan anggota bidang H. Jaja Subagja,M.Pd, Hendri, S.Kom, Rudi, dan Yayu Handayasari, S.Pd.I.

Asep Papay usai dilantik melalui pesan Whatsapp menyampaikan Jabar Bergerak memiliki lima pilar pokok, yaitu: keagamaan, pendidikan, sosial, kesehatan, dan kebudayaan. Pembentukan lima pilar ini bersandar pada persoalan dan tantangan pokok yang kini dihadapi oleh masyarakat Jawa Barat. 

Yaya Sumantri usai dikukuhkan menyampaikan, Jabar Bergerak sebagai sebuah Gerakan Non Struktural Pemerintahan, Jabar Bergerak adalah rumah bagi siapapun warga Jawa Barat yang ingin berkontribusi bagi pembangunan Jawa Barat Juara Lahir Batin. Keanggotaannya bersifat manasuka dan terbuka bagi setiap individu ataupun komunitas mana saja. 

"Jabar Bergerak kabupaten merupakan kepanjangan tangan dari pengurus pusat ke daerah. Dengan semangat kolabor aksi yang digaungkan oleh ibu Atalia sebagai ketua umum, Jabar Bergerak di daerah siap bekerja dengan rasa," ujarnya. (Jabar Bergerak Kuningan/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Jabar Bergerak Wilayah Kabupaten Kuningan Turut Dilantik Kang Emil Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan