728x90 AdSpace

Update
8 Februari 2020

Peran Kyai di Pondok Pesantren

oleh: Fitriah Nurhidayat
Prodi : PAI semester VII Unisa

suarakuningan - Tokoh Kyai yang terkendali dalam proses kegiatan belajar islam di lembaga ini merupakan kunci sukses pesantren. Kiyai adalah sebuah gelar yang diberikan oleh masyarakat terhadap seseorang yang dianggap faham terhadap ilmu agama, bukan hanya faham tetapi juga memberikan kontribusi terhadap masyarakat dalam bidang keagamaan. Contohnya memberikan siraman rohani atau ceramah kepada jamaah dan masyarakat sekitar. Selain kyai ada juga gelar ustadz, namun di lingkungan masyarakat gelar kyai bisa diartikan diatas gelar ustadz. 

Sosok kyai juga sangat melekat dilingkungan pondok pesantren dan santri, karena kyai merupakan pemimpin dari lembaga pesantren serta mempunyai kedudukan yang sangat penting di pesantren dan santri. Figur kyai bukan hanya sebagai pemimpin pesantren, tetapi sekaligus sebagai penggerak dalam pendidikan karakter santrinya.

Menurut M Ali Mas’udi pesantren berasal dari kata pe-santri-an diamana kata “santri” diartikan sebagai murid dalam bahasa Jawa. Sedangkan istilah pondok berasal dari Bahasa Arab yitu funduuq yang berarti tempat istirahat atau penginapan. Pondok pesantren terbagi menjadi dua, yaitu pesantren tradisional (salafiyyah) dan pesanten modern (khalafiyah). 

Pesantren tradisional merupakan pesantren yang masih kental dan memegang teguh tradisi dan adat istiadat, contohnya pondok pesantren lirboyo. Sedangkan pesantren modern adalah pesantren yang cenderung mengimbangi dengan zaman tanpa meninggalkan ciri khas dari pesantren itu sendiri, contoh pondok pesantren gontor. Dan keduanya mempunyai tujuan yang mulia yaitu mendidik para santri menjadi pribadi yang lebih baik dan  lebih dekat dengan Allah.

Hubungan kyai dan pondok pesantren sangatlah penting, jika tidak ada kyai dalam lembaga pesantren maka tidak memungkinkan pesantren akan sukses mendidik para santri. Karena kayai bukan hanya sebagai pemimpin tetapi sekaligus sebagai pengajar. Mendidik santri agar bisa hidup mandiri, disiplin bertanggung jawab dan menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi seorang kyai merupakan sebuah pusat kepemimpinan di pesantren dan masyarakat. 

Keahlian dalam bidang agama dan kharisma yang dimiliki kyai membuat posisinya sangatlah penting di pesantren dan masyarakat. Maka dapat disimpulkan bahwa kyai dan pesantren merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Peran Kyai di Pondok Pesantren Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan