728x90 AdSpace

Update
9 Maret 2020

Dinas Dikbud Apresiasi Gebyaaar Spendaci Ceria


suarakuningan - Dalam rangka menjalin tali silaturahmi dengan SD penyangga rayon V se-Kecamatan Ciawigebang, SMP Negeri 2 Ciawigebang menggelar Gebyaaar Spendaci Ceria. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SD, Senin (9/3/2020).

Acara yang dibuka pukul 08.00 WIB ini juga dihadiri oleh Camat Ciawigebang, Komite Sekolah, Aparat Desa Sukadana, Guru pembimbing, serta ratusan siswa dari berbagai SD dan MI. Tamu undangan yang turut hadir menyambut positif dengan digelarnya acara tersebut.

Gebyaaar Spendaci Ceria merupakan acara rutin yang diselenggaran setiap tahun di SMP Negeri 2 Ciawigebang. Selain ajang silaturahmi antarguru SD dengan SMP, acara tersebut juga dijadikan sebagai ajang pencarian bakat atau siswa berprestasi, baik dibidang akademik maupun nonakademik.

Gebyaaar Spendaci Ceria dilaksanakan selama lima hari berturut-turut, dari mulai hari Senin sampai hari Jumat (09-13 Maret 2020). Hari pertama diisi dengan acara pembukaan secara resmi dengan pemukulan gong oleh Kabid Pembinaan SD sebagai simbolis. Tidak hanya itu, dalam acara pembukaan panitia juga menampilkan berbagai keterampilan siswa SMPN 2 Ciawigebang, yaitu angkulung siswa, PBB Indah, serta kegiatan literasi. 

Dalam sambutannya, Drs. Ayip Syarif Rahmat, M.Pd. selaku Kepala Bidang Pembinaan SD mengapresiasi acara Gebyaaar Spendaci Ceria. Ayip juga menuturkan bahwa acara tersebut sejalan dengan program Kemendikbud yang berkaitan dengan PPDB.

"Kegiatan ini sejalan dengan program Kemendikbud yaitu penerimaan PPDB 50℅ dari jalur prestasi. Melalui kegiatan ini, maka akan menghasilkan prestasi siswa yang bisa dijadikan modal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi", tuturnya.

Bentuk kegiatan dalam acara Gebyaaar Spendaci Ceria meliputi kegiatan perlombaan antarsiswa serta workshop pembelajaran dan penilaian bagi para guru.

Menurut Kepala SMP Negeri 2 Ciawigebang, Dr. Arianto, MPd. Gebyaaar Spendaci Ceria merupakan kegiatan bakat siswa yang diekspresikan atau dilombakan dalam rangka meningkatkan penguatan pendidikan dengan menggali mitra kerja.

"Suatu kegiatan bernuansa pendidikan, untuk memperkuat kegiatan-kegiatan pendidikan berbasis karya seni, literasi, olahraga, dan sebagainya", ungkapnya saat diwawancara.

Sementara menurut Wahyu, S.Pd. selaku ketua panitia, berbagai perlombaan yang diselenggarakan yaitu: lomba pidato islami, lomba kaligrafi, lomba literasi, LKBB, dan turnamen futsal. Wahyu juga mengatakan bahwa ada 12 SD Negeri dan 1 Mi yang ikut berpartisipasi dalam Gebyaaar Spendaci Ceria.

"Ada 12 SD Negeri dan 1 MI yang mengikuti kegiatan ini, yaitu: SDN 1, 2, 3 Sukadana, SDN 1, 2, 3 Cihirup, SDN 1, 2 Cikubangmulya, SDN 1, 2 Cigarukgak, SDN Padarama, SDN 2 Sukaraja, dan MI Al-Falah", tuturnya.

Acara tersebut cukup menyita perhatian para guru dari berbagai sekolah. Siswa SD dan MI yang hadir untuk mengikuti perlombaan pun tampak antusias mengikuti event digelar setiap tahun ini, karena bagi mereka event ini merupakan event yang ditunggu-tunggu.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Dinas Dikbud Apresiasi Gebyaaar Spendaci Ceria Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan