728x90 AdSpace

Update
24 September 2020

Dimulai 28 September 2020, 265 Peserta PKM III di 35 Sekolah Dibekali

suarakuningan.com – Sebanyak 265 orang yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) bakalan mengikuti kegiatan praktek keterampilan mengajar (PKM) di 35 sekolah mitra yang ada di Kabupaten Kuningan. Meskipun masih dalam situasi pandemic covid 19, FKIP melalui Unit PKM dan Microteaching tetap melaksanakan kegiatan PKM III tersebut dengan menggunakan metode daring maupun luring, disesuaikan dengan kondisi sekolahnya masing-masing.


“Sebelum dimulai pada tanggal 28 September 2020, para peserta PKM III yang terdiri dari 39 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Prodi Pendidikan Biologi sebanyak 17 orang, Prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 35 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 43 orang, Prodi PGSD sebanyak 105 orang dan Prodi Pendidikan Matematika sebanyak 26 orang dibekali terlebih dahulu. Proses pembekalan yang berlangsung selama dua (2) hari 24 – 25 September 2020 secara virtual berlangsung di Aula FKIP Uniku,” kata Cucu Suhartini, M.Pd., selaku Kepala Unit PKM dan Microteaching, Kamis (24/09/2020).


Menurutnya, mahasiswa dan mahasiswi FKIP yang akan terjun pada PKM III disebar di 35 sekola,  baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.


“Mereka akan disebar di 35 Sekolah dengan rincian 18 SD, 5 SMP, 10 SMA dan 2 SMK,” ujarnya.


Masih menurutnya, PKM III ini bersifat praktik mengajar terbimbing di kelas sebagai asisten guru, yang akan dibimbing oleh guru pamong di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari setiap program studi yang ada di FKIP Universitas Kuningan.


“PKM III bersifatpraktik mengajar terbimbing di kelas sebagai asisten guru, yang akan dibimbing oleh guru pamong di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari setiap program studi yang ada di FKIP Universitas Kuningan,” katanya.


Diterangkannya, tujuan umum dari PKM III adalah untuk melatih mahasiswa calon guru agar lebih memantapkan kompetensi akademik mereka sesuai dengan bidangnya masing-masing melalui berbagai bentuk aktivitas  disekolah dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya yang disertai dengan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan berfikir tingkat tinggi melalui kegiatan-kegiatan latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PKM III, dengan tujuan merasakan langsung proses  pembelajaran baik secara Daring maupun Luring (disesuaikandengankondisi di sekolahmitra), serta pemantapan jati diri calon pendidik.


“Bukan hanya itu saja tujuan dari kegiatan PKM III, PKM III ini bisa bertujuan untuk melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru,” terangnya.


Lebih jauh, sambung Cucu sapaan akrabnya, mengatakan, bahwa kegiatan pembekalan PKM III tingkat Fakultas itu dilaksanakan pada hari Kamis 24 September 2020 dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB via Zoom Meeting.


“Kegiatan Pelepasan Peserta PKM III dilaksanakan hari Kamis 24 September pukul 13.00 – 15.00 WIB dihadiri oleh Kabid Pembinaan SMP mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Wakil Rektor I Universitas Kuningan, Dekan dan Wadek II FKIP, Kepala dan Sekretaris Unit PKM dan Microteaching, Kaprodi dan Sekprodi di Lingkungan FKIP dan 6 orang mahasiswa perwakilan dari setiap prodi di FKIP,” sambungnya.


Dijelaskannya, untuk jadwal pada hari Jumat 25 September 2020 dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB adalah Pembekalan PKM III tingkat Prodi dengan menggunakan via zoom meeting.


“Adapun pembekalannya adalah Kode Etik Guru oleh Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., Keterampilan Dasar Mengajar oleh H.Haruji S, M.Pd., Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 oleh Lilis Lismaya, M.Pd., Teknis Pelaksanaan PKM III oleh Cucu Suhartini, M.Pd., dan aplikasi- aplikasi yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran di masa pandemi covid 19 oleh Deni Heryanto, S.Pd. Sedangkan, pukul 13.00 – selesai adalah agenda pertemuan dengan perwakilan sekolah mitra PKM,” jelasnya.


Cucu berharap, dengan diselenngarakannya kegiatan PKM III yang masih dalam situasi dan kondisi pandemic covid 19, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta para pesertanya tetap semangat mengikuti kegiatan PKM III tersebut walaupun dalam keadaan seperti ini.


“Semoga, kegiatan PKM III ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harapnya.


Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan para peserta yang mana adalah mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku.


“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia pelaksana dan tak lupa saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan PKM III bagi mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku,” tuturnya.


Yeyen sapaan akrabnya, menitipkan pesan kepada para peserta PKM III yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari enam (6) program studi di FKIP Uniku, dimana para peserta harus menjaga etika dan moral ketika di sekolah.


“Ikuti semua kebijakan yang ada di sekolah mitra PKM, karena mahasiswa dan mahasiswi PKM merupakan candra dimuka FKIP Uniku. Mahasiswa PKM sudah dibekali dengan berbagai kompetensi sebagai bekal PKM,” pungkasnya. (Sep)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Dimulai 28 September 2020, 265 Peserta PKM III di 35 Sekolah Dibekali Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan