728x90 AdSpace

17 Februari 2019

Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (13)


Seri Tulisan. “Ketika Hati Harus Memilih (KHHM)” merupakan tulisan bersambung.
Sebelumnya: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (12)

Oleh: Kang Iman
(DR. Iman Subasman (@imansubasman). Pengurus ICMI Kuningan dan Peneliti Puspamdik (Pusat Studi Pengembangan Mutu Pendidikan ) 

Anda tidak usah unggul dalam perbedaan,tapi keunggulan andalah yang membuat perbedaan
 
Perbedaan seringkali menjadi titik untuk membuat perpecahan, saling menghujat dan berakhir dengan permusuhan. Pada kondisi seperti itu, perbedaan tidak lagi menjadi ruang untuk meningkatkan kualitas tentang tema perbedaan tapi mengarah kepada permusuhan serta dendam yang tak berakhir. 

Setiap diri memang selalu mempunyai perbedaan, rasa ingin dan potensi untuk berbeda yang tujuannya adalah untuk mengasah potensi, mendapat koreksi dari orang lain serta memaksimalkan pengakuan bahwa perbedaan itu keharusan, yang akan selalu terjadi namun dalam waktu yang sama perbedaan juga bermakna saling mengisi dan mengakui potensi. 

Makna perbedaan telah banyak dikemukakan para ahli yang punya kepedulian pada perdamaian, kerendahan hati dan juga mampu menanamkan dalam benak dirinya untuk saling mengisi setiap ruang kosong dengan inspirasi orang lain. Sebagian besar mereka menyebut suasana perbedaan yang mampu dikemas dengan baik bermakna harmonis. 

Suasana harmonis dibangun atas perbedaan, dibangun atas tujuan membangun keadaan saling mengisi akan menjadi sebuah lantunan damai dan indah. Suasana harmonis itu bagai petikan dawai yang bunyi perbedaannya menjadi sebuah nada yang cantik, merdu didengar untuk mengiringi keindahan lagu-lagu. Dalam keindahannya itu, satu nada tak lagi berebut menjadi nada yang unggul tapi ia akan selalu mempertahankan perbedaannya dengan nada yang lain dan menciptakan harmoni indah. Namun tebusan untuk menciptakan itu semua dibutuhkan aransemen yang handal, itulah harapan saya kepada anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (13) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan