Hot News
3 Desember 2015

Inilah Sembilan Rekomendasi Hasil Rapat Fasilitasi BKAD Kunci Bersama


suarakuningan.com - Tidak percuma Kementrian Dalam Negeri melalui Kasubdit Kerjasama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah, Direktorat Jendral BAK mengadakan Rapat Fasilitasi yang di ikuti oleh Sembilan Kabupaten Kota anggota BKAD Kunci Bersama, dibawah fasilitator Ir. FX. Djatmiko Winahjoe, MP.

Akhirnya rapat menghasilkan 9 (Sembian) Rekomendasi yang akan menjadi acuan kerja pada tahun 2016.

1. Fasilitasi kerjasama antar daerah Kunci Bersama 9 Pemerintah Daerah terdiri dari Kab. Kuningan, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Cilacap, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Berebes, Kabupaten Majalengka dan Kab. Pangandaran.

2. Perlu adanya fasilitasi bersama antara Kunci Bersama dengan Sunda Kecil melalui Rapat Fasilitasi Kunci Bersama difasilitasi Kemedagri dengan Sunda Kecil (Prov. NTB, Prov NTT dan Prov. Bali) tahun 2016 di Kabupaten Pangandaran dan di Provinsi Bali khususnya di bidang Pariwisata.

3. Usulan Rapat Fasilitasi Kunci Bersama dalam Satu tahun minimal Dua kali dilaksanakan dengan Pemda (Eksekutif dan Legislatif) seara bergantian dan di fasilitasi oleh Kemendagri.

4. Kunci Bersama meminta kejelasan tentang penganggaran, tentang hibah dan mekanismenya agar diatur secara jelas di dalam regulasi tentang badan kerjasama yang akan di fasilitasi oleh Direktorat Jendral Keuangan Daerah, Kemendagri.

5. Usulan - usulan tekhnis beraitan dengan infrastruktur, jalan, jembatan, sumberdaya air dan infrastruktur lainnya di daerah perbatasan akan di fasilitasi oleh kementrian PU PERA dan kementrian terkait.

6. Untuk membangun waduk leuwi keris (Kab/Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar), Waduk Cipanundaan ( Kab. Kuningan dan Kab. Kuningan), dan Waduk Matenggeng (Kabupaten Cilacap, ab. Ciamis, Kab. Kuningan, Kota Banjar dan Kab. Pangandaran). Itu akan di fasilitasi oleh Kementrian PU PERA, Direktorat Sumber Daya Air.

7. Diperlukan adanya riset/penelitian ilmiah terkait potensi dan hasil kerjasama diwilayah Kunci Bersama yang difasilitasi oleh Balitbang Kemendagri.

8. Sekretariat Bersama BKAD Kunci Bersama membuat pedoman pengelolaan keuangan dan pengadaan barang dan jasa.

9. Program dan Kegiatan kerjasama antar daerah tiap - tiap daerah dalam Kunci Bersama agar dimasukan dalam RPJMD oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi masing - masing agar kerjasama tersebut berkelanjutan. Itulah Sembilan Rekomendasi yang akan menjadi pegangan 9 Kabupaten/Kota anggota BKAD Kunci Bersama. (Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Inilah Sembilan Rekomendasi Hasil Rapat Fasilitasi BKAD Kunci Bersama Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan