Hot News
11 Februari 2016

Dorong UNIKU Jadi PTN, UNPAD Bantu Penguatan Akademik

Suarakuningan.com - Universitas Kuningan (Uniku) akan menjadi perguruan tinggi swasta yang didorong oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Kuningan, dan Universitas Padjadjaran untuk menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Barat mewakili wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning). Dorongan ini dilakukan melalui penguatan kualitas akademik yang bukan hanya bertujuan menghadirkan PTN di Ciayumajakuning, akan tetapi juga mendorong penguatan Uniku bagi pembangunan wilayah Ciayumajakuning.

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, mengatakan hal tersebut saat melakukan kunjungan ke kampus Uniku, Kuningan, belum lama ini. Kunjungan tersebut diterima oleh Rektor Uniku Dr. Iskandar, MM, beserta Pembantu Rektor dan petinggi Yayasan Pendidikan Sang Adipati, selaku penyelenggara Uniku di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus Uniku.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Bupati Kuningan Utje Ch. Hamid Suganda, Sekretaris Daerah Kab. Kuningan Drs. Yosef Setiawan, M.Si., dan beberapa pejabat daerah Kuningan. 

Sementara dari Unpad hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., Direktur Kerja Sama Unpad Parikesit, M.Sc., PhD., Staf Khusus Rektor Budhi Gunawan, MA., PhD., serta tim pengembangan Uniku oleh Unpad, yaitu Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., Prof. Dr. Ir. Roni Kastaman, M.SIE., Prof. Dr. Samun Jaja Rahardja, M.Si., Prof. Dr. Ir. Elin Harlia, M.S., dan Prof. Dr. Ir. Junianto, M.P.

Menurut Rektor, penguatan kualitas akademik Uniku merupakan salah satu upaya meminimalisasi pola urbanisasi pendidikan di Jawa Barat. Lokasi Perguruan Tinggi Negeri yang terpusat di kota besar menyebabkan banyak mahasiswa bermigrasi untuk menuntut ilmu. Ini berdampak pada peningkatan kepadatan penduduk di kota-kota besar.

Untuk itu, penguatan kualitas akademik Uniku merupakan implementasi Unpad dalam mengembangkan pola pendidikan yang tidak terpusat di satu wilayah. “Ini bisa mengatasi permasalahan di kota besar, selain itu pengembangan ini bisa menjadi pendorong pengembangan wilayah,” kata Rektor.

Keinginan menjadikan Uniku sebagai PTN, lanjut Rektor, merupakan harapan dan rencana Gubernur Jabar, Ir. Ahmad Heryawan. Dalam rencana tersebut, Unpad akan mendorong pengembangan perguruan tinggi yang mewakili 5 kawasan wilayah di Jawa Barat, yaitu wilayah Ciayumajakuning, Priangan Timur (Garut, Tasik, Ciamis, Banjar, Pangandaran), Bandung Raya, Bopuncur (Bogor, Puncak, Cianjur), dan Purwasukab (Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi).

“Di kawasan tersebut mestinya berdiri perguruan tinggi yang minimal sekelas Unpad,” tambah Rektor.

Rektor menambahkan, Uniku saat ini sudah dikelola dengan baik oleh Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan ini harus didorong menjadi lebih baik lagi sehingga masyarakat memiliki alternatif memilih pendidikan tinggi di Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula mengenai potensi kerja sama pengembangan pendidikan antara Uniku dengan Unpad. Menurut Prof. Engkus, pengembangan SDM menjadi salah satu agenda pengembangan Uniku oleh Unpad. Saat ini, Uniku memiliki 4.700 mahasiswa dan dosen berjumlah 151 orang. Peningkatan akreditasi institusi juga menjadi focus pengembangan Uniku.

“Kami ingin menjadi junior partner dengan Unpad sehingga sedikit demi sedikit Uniku menjadi perguruan tinggi yang kuat,” kata Rektor Uniku.

Bupati Kuningan, Utje Hamid pun mengapresiasi penguatan kualitas akademik Universitas Kuningan dan berharap Uniku bisa menjadi PTN. Hal ini relevan dengan rencana pengembangan Kuningan sebagai Kota Pendidikan. “Kami sudah siap, ini adalah salah satu upaya mendukung peningkatan pendidikan di Kuningan,” kata Utje.(Rilis/UNIKU/Arief/AsepSupriadi/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Dorong UNIKU Jadi PTN, UNPAD Bantu Penguatan Akademik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan