Hot News
23 Juni 2016

Komunitas-Komunitas Film "Ngariung" di Bazaar AS Putra



SuaraKuningan.cpm - Seiring berkembangnya perfilman nasional maupun dunia, semakin banyak pula bermunculan orang-orang yang berpotensi bergerak dibidang perfilman.

Sebagaimana dengan banyaknya berdiri komunitas film yang kian marak disetiap kota di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Kuningan ini.

Satu persatu mulai bermunculan komunitas film Kuningan yang awalnya hanya bergerak di satu daerah dan kini para komunitas itu mulai bermunculan dan berencana bersatu membangun perfilman di Kuningan.

Langkah awal itupun terjadi pada acara silaturahmi yang bertempat di Bazar Ramadhan AS Putra Terdahsyat (23/06).

Komunitas yang hadir diantaranya Kofikuca, Dadaliwani, Cinemanis, Asic, Dave Cinema, Prabuhi, Jey Art, AE Production, Cinema Smansagung, dan SMAN 1 serta dari beberapa sekolah.

Dalam kesempatan itu mereka berdiskusi ringan soal film, saling membuka diri dalam sharing mengenai karya komunitas masing-masing, dan yang paling penting adalah terbentuknya hasil pertemuan yaitu akan diadakannya program penayangan film-film karya mereka yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 25 Juni 2016.

"Sudah Uyuhan" kata orang kuningan mah, betapa tidak? Dengan bermunculannya beberapa film pendek, dokumenter dan yang lainnya ini sudah hebat.

"Hal ini membuktikan bahwa para sineas muda berbakat kuningan itu cukup berpotensi dan nyata adanya eksistensi mereka jelas kok, buktinya karyanya ada, meskipun dalam perjalananya, maaf klo saya katakan "masturbasi". Kenapa demikian? karena belum adanya wadah untuk menyalurkan bakat dan karya para sineas kita," papar Kang Asep Dheny seorang seniman  dan salah satu pendiri komunitas CINEMANIS yang telah menghasilkan karya film yang mendapat beberapa penghargaan dalam Festifal Film Kuningan 2016.

Asep menambahkan, "namun demikian tidak harus patah semangat dalam berkarya, anggaplah bagian dari berproses, bukankah proses lebih indah daripada hasil? Untuk itu pada acara nobar dan diskusi film yang diprakarsai KOFIKUCA ini perlu di apresiasi, disamping sebagai ajang silaturahmi antar komunitas film, juga sharing masukan untuk perkembangan karya seni film khususnya di Kuningan. Actions!"

Acara yang akan diisi dengan pemutaran film yang diselingi dengan diskusi ringan tentang perfilman yang akan diadakan diacara Bazar AS Terdahsyat ini juga merupakan sebagai momen awal untuk mempersatukan komunitas-komunitas film yang ada dikuningan.

"Harapan dari moment ini adalah untuk langkah awal mempersatukan komunitas-komunitas film yang ada di Kuningan dan agar dapat bersatu memajukan perfilman di Kuningan dengan genre yang berbeda sesuai dengan visi misi setiap komunitas." ucap Amar Thohir, pembina Kofikuca.

" Keinginan saya sejak lama merangkul semua sineas muda berbakat buat kemajuan dunia perfilman dan pertelevisian terutama di kota kuningan. Dengan adanya komunitas-komunitas film sekarang akan lebh bnyk anak muda yg punya mimpi dan bakat bisa tersalurkan secara positif. terlebih apabia komunitas-komunitas film tersebut dipersatukan untuk bersama memajukan perfilman Kuningan" Nino ind.  yang mewakili Kawilang Production dan sebagai penasehat Fotografer Amatir Kuningan  (FAK). (Dan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Komunitas-Komunitas Film "Ngariung" di Bazaar AS Putra Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan