728x90 AdSpace

-->
Update
10 Agustus 2016

Keberangkatan Calhag Kuningan Tehambat Visa

SuaraKuningan.com - Calon Haji (Calhag), asal Kabupaten Kuningan pada tahun 2016 ini berjumlah 450 orang, diantara 450 orang tersebut, sebanyak 116 orang yang akan berangkat dalam kelompok terbang (kloter) 2, Kamis (11/8) sore, tidak jadi diberangkatkan. Calon haji tersebut harus rela menunda keberangkatannya dalam keloter 58 Akhir Agustus.

Dan calhag yang terdaftar pada kloter 58 yang akan diberangkatkan dari kuningan 30 Agustus 2016 pada dua terakhir ini sibuk mempersiapkan diri untuk perbekalan ditanah suci nanti. Karena keberangkatan kloter 58 menjadi ditukar pada pada kloter 5, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) menginformasikan hal tersebut kepada calhag kloter 58 yang seharusnya berangkat akhir Agustus malah jadi diberangkatkan pada awal Agustus di kloter 5.

Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Kuningan H. Hamzah Rukmana, MAg. menyampaikan, masalah yang terjadi pada keberangkatan haji keloter 5 karena visa atau izin tinggal di Saudi Arabia untuk 116 calhag keloter 5 sampai 10 Agustus 2016 belum keluar, dan untuk calhag yang masuk pada keloter 58 sebanyak 340 orang, dengan jumlah 115 orang diantaranya malah sudah mendapatkan visa.

“Visa baru saja kemenag ketahui pada Hari Senin, (8/8), ternyata yang keluar duluan itu malah calhag dikeloter 58, untuk keloter 5 yang seharusnya keluar duluan malah belum keluar”, ucap Hamzah

“Yang mengeluarkan visa itu kan dari pihak Kedutaan Besar Saudi Arabia, sementara dari kementrian agama Kabupaten Kuningan sendiri sudah berupaya semaksimal mungkin untuk melayani keberangkatan calhag asal Kabupaten Kuningan agar berangkat sesuai dengan tanggal dan keloter yang telah ditentukan,” lanjut Hamzah

Hamzah menyampaikan jumlah keseluruhan caloh haji Kuningan tahun 2016 berjumlah 790 orang, dibagi menjadi dua kloter. Masuk pada keloter 5 sebanyak 450 orang dan masuk pada keloter 58 sebanyak 340 orang. Jemaah haji yang masuk di keloter 58 digabung dengan jemaah haji asal Cirebon.

“Dari pihak kementrian agama sendiri sudah memaksimalkan pelayanan haji sejak bulan juni 2016, untuk 450 orang calhag pada keloter 5 diharapkan untuk bisa mendapatkan visa sebelum jadwal keberangkatan, tetapi pengajuan data pembuatan visa calhag kuningan tidak serempak, dan pengajuan pembuatan visa tersebut juga sudah selesai dilakukan sebelum KBIH sendiri memutuskan penempatan calhag didua kloter”, pungkas Hamzah

Dari keterangan Hamzah, Menyampaikan calhag kloter 58 yang sudah memiliki visa siap untuk bergabung dikloter 5 dan berangkat lebih dahulu dari jadwal sebelumnya, diagendakan keberangkatan menuju embarkasi dari Kuningan, Kamis, (11/8). Dan, jemaah haji yang tergabung di keloter 5 dan sudah memiliki visa, sudah diberangkatkan lebih dahulu dari Kuningan menuju embarkasi dilepas oleh Bupati Kuningan Acep Purnama,  Rabu, (10/8). (RDI)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Keberangkatan Calhag Kuningan Tehambat Visa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan