728x90 AdSpace

Update
22 Agustus 2016

Kiprah Volunteer di Arena JAMNAS X 2016

SuaraKuningan.com - Volunteer atau sukarelawan adalah hal yang sudah melekat dengan kepramukaan. Sebab pada dasarnya mengikuti kegiatan kepramukaan harus berdasar pada rasa suka dan rela.

Sebanyak 42 orang voluntir ( 7 orang diantaranya berasal dari Kuningan ) bekerja sejak tanggal 09 Agustus sampai 21 Agustus 2016 untuk membela nama Gerakan Pramuka di depan belasan sponsor dan donatur pendukung terlaksananya Jambore Nasional 2016. Mereka yang bekerja tanpa diberi honor untuk waktu, tenaga dan keahliannya, untuk sesuatu yang mereka yakini yaitu pengabdian, dharma sebagai anggota Pramuka.

Mereka bahu membahu bekerja sama dalam satu arena eksibisi interaktif yang menghiasi Jambore Nasional X dengan judul besar Jamnas X Interactive Exhibition, atau disingkat #JIE2016.

Dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir Siti Nurbaya, Ibu menteri yang dianugerahi Lencana Melati; sebagai penghargaan tertinggi bagi Pramuka Dewasa--dari Presiden Joko Widodo pada Upacara Hari Pramuka (14 Agustus 2016) ini menyatakan dengan tegas bahwa investasi pendidikan lingkungan hidup sangat berharga untuk menjawab tantangan isu global perubahan iklim.

Solusi hijau itu memupuk semangat pramuka dalam membela kepentingan bumi; solusi hijau itu adalah “Scout Spirit”.

Jamnas 2016 melalui #JIE2016 tidak hanya menyuguhkan aktivitas pendidikan yang secara spesifik menyoroti hutan (Forest badge Challenge), air (Water Badge Challenge), Ketahanan pangan dan perubahan iklim (Food Security & Climate Change Badge Challenge); kegiatan Scout go Solar dan instalasi charging bamboo-yang difasilitasi Indonesia Power; tetapi juga menyuguhkan inovasi-inovasi hijau.

Anggota Tim Usaha Dana Kepanitian Nasional Jamnas 2016, Ledyanita Fajar, mengatakan hadirnya E-Buzz BRI di arena JIE sebagai sponsor Jamnas, nyata telah memberikan kemudahan transaksi perbankan bagi peserta Jamnas, seperti juga bantuan gas dan kompor dari Pertamina.

Sementara mesin pencacah sampah plastik dan aksi tanpa kertas (paperĺess action) oleh Telkom Digital Library menjadi ajang edukasi tentang inovasi hijau negri ini yang menginspirasi generasi muda, melengkapi inspirasi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan lewat sederet ruang pamer interaktif-nya.

“Sektor kehutanan dan lingkungan hidup merupakan core business gerakan Pramuka," kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adyaksa Dault. Di dalam aula yang sama, PT Pos memfasilitasi peserta Jamnas untuk mengenal filateli lewat acara selfie dalam prangko.

Secara keseluruhan, JIE yang di kelola para voluntir ini tak semata pameran atau expo, melainkan satu paket edukasi interaktif yang keren, gembira dan asyik, yang dipersembahkan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada dunia, sebagai salah satu solusi hijau untuk bumi!

Inisiatif-inisiatif seru yang berawal di Jambore Nasional ini akan tersebar ke seluruh penjuru nusantara, begitu puluhan ribu peserta Jamnas kembali ke daerahnya masing-masing.(AR Affandi/Kontributor)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kiprah Volunteer di Arena JAMNAS X 2016 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan