728x90 AdSpace

-->
Update
21 Agustus 2016

KKN Tematik IPB Selenggarakan Seminar Kewirausahaan

SuaraKuningan.com - Mengembangkan potensi sumber daya lokal untuk menambah pengalaman dan memberikan ilmu baru sehingga menghasilkan peningkatan taraf hidup bagi masyarakat tidaklah mudah, apalagi jika lokasi daerah yang memiliki potensi berada jauh dari perkotaan.

Setidaknya hal itu tidak menyurutkan semangat para mahasiswa Institut Penelitian Bogor (IPB) yang menyelenggarakan acara Seminar Kewirausahaan di Desa Puncak Kecamatan Cigugur, Minggu (21/8).

Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa jurusan Agribisnis, Manajemen, dan Peternakan IPB bekerjasama dengan Aparatur Pemerintahan Desa dan Karang Taruna Desa Puncak.

Nandari Puspa (21), selaku ketua panitia menerangkan, seminar ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang masuk kedalam agenda kegiatan KKN.

“Selama empat puluh hari kami di berikan tugas untuk mengabdi kepada masyarakat, setelah sebelumnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang potensi sumberdaya lokal yang berada di Desa Puncak ini, dan sekarang kami berkesempatan menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar mahasiswi Manajemen semester tujuh ini.

Acara yang bertemakan “Meningkatkan Minat Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya Lokal” dan berlokasi di Gedung Serbaguna desa Puncak ini menjadi sarana edukasi bagi masyarakat yang belum maupun yang sudah memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat, mulai dari bidang pertanian, peternakan, hingga bidang ekonomi.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak dan memotivasi warga desa Puncak untuk mengembangkan potensi sumber daya lokal, bagaimana cara pengelolaannya hingga kedepannya dapat menghasilkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik,” tambahnya.

Nanda mengaku senang seminar yang dihadiri oleh seratus orang peserta yang terdiri dari pengurus PKK, anggota Karang Taruna, pengurus Koperasi hingga tokoh masyarakat desa Puncak serta diisi oleh pemateri dari Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinas KUKM) dan salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tentunya sebagai jembatan silaturahmi yang baik antara mahasiswa, masyarakat desa Puncak Cigugur, pengusaha kecil menengah dan pemerintah daerah.

“Kami selaku panitia merasa senang karena kegiatan ini terlaksana dengan baik, selain untuk memenuhi kewajiban tugas kuliah, kami berharap ketika kami sudah tidak lagi melakukan pengabdian disini, masyarakat termotivasi memanfaatkan sumber daya lokal yang ada di kabupaten Kuningan umumnya dan yang ada di desa Puncak Cigugur ini khususnya. Dan semoga peserta yang hadir dapat mengaplikasikan apa yang telah disampaikan oleh para pemateri dibantu oleh pemerintah daerah,” ujarnya menutup wawancara.

Rangkaian kegiatan Seminar Kewirausahaan pada pukul 09:00- 11:30 inipun ditutup dengan membagikan door prize kepada para peserta yang hadir dan pemberian souvenir kepada para pemateri. (dhy)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KKN Tematik IPB Selenggarakan Seminar Kewirausahaan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan