728x90 AdSpace

Update
18 Agustus 2016

Tahun Ini, Para Pendaki "HUT RI" Mulai Sadar Kebersihan Sampah

SuaraKuningan.com – Jumat (18/08), Dalam rangka merayakan HUT RI yang ke 71 tahun sebanyak 1300 orang pendaki Gunung Ciremai via Jalur Palutungan, mulai sadar akan kebersihan sampah yang kerap kali ditinggalkan pendaki. Pendaki gunung ciremai Via Palutungan mulai berdatangan dari sejak senin, 16 agustus untuk menahlukan gunung tertinggi dijawa barat itu. Menurut informasi sumber data yang diperoleh dari pos pendaftaran via jalur palutungan pendaki yang berdatangan dari berbagai daerah dan kota diantaranya, jakarta, bekasi, bandung, indramayu, purwakarta, cirebon, dan kuningan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, setiap perayaan HUT RI atau hari libur panjang pendaki kerap kali tidak sadar akan kebersihan gunung yang dikunjunginya, informasi yang didapat dari salah satu penjaga pos yang bertugas Alwi (25), volume sampah pada tahun 2015 dihari ulang tahun republik indonesia ke 70 kemarin sangat menumpuk, sampai – sampai petugas ranger setempat kewalahan dalam menangani hal tersebut.

“Alhamdulilah tahun sekarang rada beda kang, sampah pada dibawain turun, beda kaya tahun kemarin, ditinggalin semua sampahnya diatas, sampe petugas ranger bingung mau bersihinnya, sekarang sih numpuknya pada dipos pendakian, dibawain turun”, Kata Alwi

Petugas pos palutungan mengoptimalkan kesadaran pendaki tersebut dengan cara, setiap rombongan pendaki yang tidak membawa sampahnya turun kembali sampai ke pos akan dikenai sangsi, sangsi tersebut berupa tidak mendapatkan fasilitas makan dan sertifikat pendakian gunung ciremai yang sudah masuk dalam pembayaran tiket pendakian, dianggap hangus.

Dan juga disamping berkurangnya volume sampah diciremai pada tahun 2016 sekarang, angka pendaki yang terkena musibah atau sakit saat perjalanan berkurang, hal tersebut dikarenakan cuaca yang bersahabat, dan persiapan pendaki yang cukup maksimal dalam pendakian tahun sekarang dibanding tahun sebelumnya.(RDI)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Tahun Ini, Para Pendaki "HUT RI" Mulai Sadar Kebersihan Sampah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan