Hot News
22 September 2016

Iskandar Mewarisi Perbaikan Sistemik



SuaraKuningan.com - Di bawah kepemimpinan Dr. Iskandar, M.M., Universitas Kuningan (Uniku) telah banyak berbenah dan mencatat banyak prestasi. Perubahan secara gradual dilakukan guna memantapkan Uniku sebagai salah satu perguruan tinggi swasta ternama di wilayah Jawa Barat.

"Sejak awal memimpin Uniku pada 2008, saya bertekad untuk membangun sistem baik aturan kepegawaian, sistem penggajian, sistem promosi, sistem akademik dan keuangan yang berbasis IT (SIKA). Itulah warisan terbesar saya," ujar Rektor Universitas Kuningan, Dr. Iskandar, M.M. kepada wartawan, Kamis, (22/09).

Tantangan terbesar adalah membangun sumberdaya manusia Uniku, khususnya kualifikasi dosen.

"Saya mendorong para dosen untuk melanjutkan studinya hingga jenjang doktoral dengan memberi bantuan dana sesuai kemampuan universitas,  baik studi lanjut di dalam maupun luar negeri," tutur Iskandar.

Dengan cara ini,  Uniku dalam waktu tertentu dipastikan akan "panen" dosen yang bergelar doktor dan memiliki komitmen dan profesionalisme yang tinggi.

"Sebuah PTS akan maju kalau dosennya berkualitas, saat ini ada puluhan dosen Uniku yang sedang studi lanjut ke jenjang S3. Sehingga kita bisa bayangkan dalam 5-10 tahun ke depan, profil Uniku kian maju dan berkembang," harapnya.

Selain itu, tuntutan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) menuntut Uniku untuk meningkatkan jumlah program studi yang ada menjadi terakreditasi B.

"Untuk menaikkan peringkat akreditasi institusi, kita  mendorong seluruh civitas akademika untuk bekerja keras agar 75% prodi yang ada terakreditasi B. Bila akreditasi  prodi Sistem Informasi naik, maka prasyarat utama akreditasi B bagi Uniku bakal jadi kenyataan," tutur Iskandar yang juga  mantan aktifis mahasiswa IKIP Bandung era 80an.

Iskandar menambahkan, dengan semboyan Uniku 'naik kelas',  menginspirasi semua lini kepemimpinan di Uniku, untuk bergegas dan terpacu untuk meningkatkan kapasitasnya.

Kebersamaan dan Kekeluargaan

Selain membangun sistem  akademik, kepegawaian dan keuangan yang terintegrasi, Iskandar juga dinilai berhasil dalam membangun semangat kebersamaan di seluruh civitas akademika.

"Kita berkaca dari PTS-PTS yang lain, saya tidak ingin ada dikotomi antara dosen tetap yayasan dan dosen tetap DPK (kopertis--red). Saya tidak ingin ada dikotomi, karena itu saya ingin orang-orang yang mengisi posisi struktural adalah mereka yang memiliki kompetensi dan integritas," tegasnya.

Meritokrasi dan transparansi

Di bawah kendalinya, Iskandar berusaha semaksimal mungkin menerapkan prinsip-prinsip meritokrasi dan transparansi sebagai ciri dasar manajemen perguruan tinggi modern.

"Sekarang sistem keuangan terintegrasi. Transparansi diterapkan dalam pengertian yang seluas-luasnya. Dalam menyusun anggaran kita melibatkan fakultas-fakultas. Sehingga semua perencanaan lebih bersifat partisipatif, " tuturnya.

Membangun Iklim Kemahasiswaan yang Kondusif

Mahasiswa diberikan ruang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan soft skill dan mengasah jiwa kepemimpinannya.

"Saya dulu kan mantan Warek III, sehingga saya tahu kebutuhan mahasiswa. Umumnya mahasiswa Uniku baik-baik dan tidak ada yang aneh-aneh. Karena itu, di Uniku, tidak pernah ada konflik dengan BEM misalnya. Kita selalu bangun kebersamaan dan kesamaan pandangan dalam banyak hal, " ungkapnya.

Mahasiswa Uniku itu, jelas Iskandar, umumnya santun-santun. "Mereka juga merasakan karena kita beri ruang yang luas bagi mereka. Kecuali mereka terlibat narkoba, asusila, gerakan radikal," tambahnya.

Selain itu, guna menuju sebagai universitas riset bertaraf internasional,  Uniku melakukan rintisan kerjasama internasional di bidang riset bersama, pemagangan, tukar-menukar dosen dan staf, publikasi bersama, dan lain-lain.(AsepSupriadi/Rilis)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. harus tetap optimis pak rektor, bangun univeritas dengan integritas yg kokoh, supaya kedepanya uniku bisa lebih berkualitas

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Iskandar Mewarisi Perbaikan Sistemik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan