728x90 AdSpace

Update
17 Maret 2017

Orang Ini Tiba-Tiba Kok.....

suarakuningan.com - Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).(QS 2/Al Baqoroh: ayat 269)

Pertanyaan dalam hati kita semua tentang "orang ini tiba-tiba kok..... (ngomongin agama, ngomongin nabi, rosul, sunnah, sholat, zakat dll yang berkaitan dengan islam)" dijawab sendiri sama Allah. Kita semua bisa mendapatkan pemahaman seperti ayat ditas jika kita MEMANG MAU, sehingga Allah akan memfasilitasinya.

Dan orang yang dinugerahi hikmah tersebut memiliki anugerah karunia yang banyak. Dan dialah orang yang berakal karna bisa mengambil pelajaran.(baca sekali lagi ayatnya)

Yang hendaknya dilakukan agar kita bisa mendapatkan anugrah itu adalah I'qro (baca! ). Yaitu membaca kitab Allah yang tersurat (Al Qur'an) dan yang tersirat (tanda-tanda). Dan ini yang paling sering orang membaca Al Qur'an lupakan yaitu membaca pula terjemahannya sehingga memahami maknanya. Sempurnanya bacaan adalah mengetahui dan memahami maknanya. Nah.... banyak orang berkata seperti ini "jangan sembarangan memafsirkan Al Qur'an, harus hafal ini itu bla bla bla dan bla sehingga orang yang sedang belajar membaca Al Qur'an pun menurun atau bahkan hilang motifasinya.

Coba perhatikan ayat berikut ini:
Dialah yang menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepada kamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami". Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.(QS 3/Ali Imron: ayat 7)

Dan yang kedua membacanya dengan "bismirobbika"(dengan nama Tuhanmu). Sempurnanya pekerjaan kalau semu sebabnya karena Allah. Sehingga manfaatnya adalah dunia dan akherat.
Fabiayyi ala irobbikuma tukadzibaan
Wassalam.... Monggo...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Orang Ini Tiba-Tiba Kok..... Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan