728x90 AdSpace

Update
15 Juni 2017

Unik, “Ngubers Madya” IMM dan HIMA Dikbastrada STKIP Muhammadiyah



suarakuningan.com - Bulan Ramadhan merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan. Termasuk oleh rekan rekan Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Hima Dikbastrada STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Di bulan Romadhon ini dimanfaatka untuk mengadakan acara Ngubers Madya (Ngabuburit Bareng Sambil Mengenalkan Budaya). Dengan mengambil tema "nyukcruk Galur Sunah Rosul, Nincak Tapak Saré'at Islami, Mapay Sakur Lulurung Karuhun", kegiatan diadakan di Alun-alun Desa Kalapagunung Kecamatan Kramatmulya Hari Rabu-Kamis 14-15 Juni ba'da Ashar. 

Kegiatan ini dipelopori oleh ketua PK IMM (Dede Sartika) dan ketua Hima Dikbastrada (Reyzki Adi Fauzi) beserta rengrengan panitia yang kali ini di ketuai oleh Zein Yusuf Ismail.  

Antusias aparatur desa, DKM, Karangtaruna, Irmas, serta masyarakat setempat sangat bagus. Seperti ditunjukkan Kepala Desa Kalapagunung Drs. Aef Saefudin yang menyambut kedatangan PK IMM & Hima Dikbastrada dengan hangat. 

Aef dan masyarakat kalapagunung sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara Ngubers Madya ini. 

Acara ini merupakan acara kebudayaan yang pertama kalinya, acara ini memperkenalkan permainan tradisional seperti (ayang-ayanggung, enggrang, oray-orayan, bakiak, bekel, gasing panggal, congklak, dll). 

Adapun pengenalan alat musik tradisional seperti kacapi, karinding, celempung, nonton bareng,dll. Dan tak lupa acara ini pun didukung juga oleh Sawirahma, Komunitas Karinding Mandara Wulung, Pemerintahan Desa Kalapagunung, DKM desa Kalapagunung, IRMAS, dan Karangtaruna Desa Kalapagunung. 

Kedepannya diharapkan masyarakat desa kalapagunung terutama para generasi muda dapat melestarikan terus kebudayaan tradisional sunda, agar dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.(Humas IMM Kuningan/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Unik, “Ngubers Madya” IMM dan HIMA Dikbastrada STKIP Muhammadiyah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan