728x90 AdSpace

Update
21 Oktober 2017

KAMUNING Intensifkan kembali FLO UIN Sunan Gunung Djati Bandung


suarakuningan.com - Organisasi menurut James D.Mooney ialah suatu bentuk perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati. Organisasi Daerah (ORDA) merupakan organisasi primordial yang menghimpun orang-orang yang berasal dari daerah yang sama dan mempunyai tujuan untuk mengabdi terhadap daerahnya. 

Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terkenal dengan lautan organisasinya pada masa ini belum merangkul dan kurang memperhatikan organisasi daerah. Sekitar tahun 2015-2016 Forum Lintas Orda sudah ada namun kurang intens dalam komunikasi. Kemudian pada saat PBAK 2017 (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, seluruh orda berinisiatif mendirikan Stand daerahnya sendiri, dengan tujuan ingin merangkul dan menyambut mahasiswa-mahasiswi baru asal daerahnya masing-masing, tanpa ada kontribusi dari pihak Kampus. 

Melihat kondisi seperti ini, KAMUNING (Keluarga Mahasiswa Kuningan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) ketika PBAK 2017, Aris Heryana (Ketua Umum KAMUNING) beserta pengurus menjalin silaturahmi dan berkomunikasi kepada setiap Organisasi Daerah lain. Respons positif pun disampaikan dari berbagai organisasi daerah, dan akhirnya kami membuat Grup Komunikasi Forum Lintas Orda (FLO) serta menjadi koordinator FLO. Beberapa minggu setelah itu KAMUNING dan Orda-orda lain melakukan kumpulan pertama di pelataran kampus serta melakukan kunjungan-kunjungan kegiatan ORDA. 

Pada hari Sabtu (21/10) kemarin Forum Lintas Orda berkumpul kembali di Gedung Lecture hall UIN SGD Bandung dengan membawa identitas daerah masing-masing dan banyak membawa kader-kadernya.

Perkumpulan FLO langsung dipimpin oleh saudara Muhammad Ramdan (Sekretaris Umum KAMUNING) dihadiri pula dari berbagai Organisasi Daerah lain yaitu KAPEMASI(Bekasi), KMC Galuh Taruna (Ciamis), KAMAJAYA (Jakarta raya), IMT (Tasik), KMM (Minang), KAMAEGU (Sumedang), ARMALAYA (tasikmalaya), IPMAKAB (Kab.Bandung), KEMBARA (Kab.Bandung Barat),  KM-Jateng, KM-Jatim, KABAMSU (Sumatera Utara), PERMATA (Purwakarta) dan KEMPAKA (Karawang) melakukan musyawarah mengenai Tindak Lanjut Forum Lintas Orda.

Hasil perkumpulan FLO diantaranya mengadakan Kumpulan Rutin 2 Minggu sekali dalam satu bulan, melakukan Kajian Ke-Indonesiaan-an satu bulan sekali, Merangkul kembali Organisasi Daerah wilayah Nusantara maupun Luar Negeri, wacana dari LP2M bahwa KKN (kuliah kerja nyata) di daerah masing-masing, Pendekatan kembali dengan Birokrat Kampus, dan persiapan Gebyar Orda yang akan digelar oleh salah satu DEMA fakultas.

Forum Lintas Orda ini bertujuan untuk meningkatkan kembali Cinta terhadap daerah kelahiran, karena mencintai daerah merupakan bentuk cinta kepada Indonesia, menciptakan dan membina generasi-generasi penerus bangsa yang unggul dan kompetitif, khususnya di wilayah kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Harapan besar kami kepada birokrat kampus, birokrat pemerintah daerah bisa berkolaborasi dengan Organisasi Daerah (Orda) yang didalamnya adalah para Insan Akademis, para pelopor yang ingin mengabdi untuk kemajuan ummat dan bangsa. (KOMINFO KAMUNING).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KAMUNING Intensifkan kembali FLO UIN Sunan Gunung Djati Bandung Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan