728x90 AdSpace

Update
23 Oktober 2017

Kamuning UIN Rutin Gelar Tataliwargi





suarakuningan.com - Keluarga Mahasiswa Kuningan (KAMUNING) UIN Bandung kembali menggulirkan kegiatan rutinan yang setiap tahun diadakan. Kegiatan yang dinamakan “Tataliwargi” ini merupakan ajang yang sakral guna memperkenalkan ke-Kamuningan-an dan  ke-Kuninganan-an kepada mahasiswa baru asal Kabupaten Kuningan.

Kegiatan yang bertema “Ngawangun Rasa dina Hiji Raga, Pikeun Ngabdi ka Lemah Cai” dilaksanakan di Villa Cipulus Cilengkrang Kota Bandung, selama tiga hari dua malam, 20 - 22 Oktober 2017.

Salahsatu pemateri yang langsung didatangkan oleh Panitia Tataliwargi ini adalah Ir. H. Dodi Nurrochmatuddin, MP. (Staff Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan SDM Pemkab Kuningan) yang sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan Tataliwargi 2017 ini.

Dalam kegiatan ini  mahasiswa baru diberikan materi tentang kepemimpinan, keorganisasian dan kedaerahan.

Salahsatu pemateri yang memberikan materi mengenai kekamuninganan yakni Aris Heryana, Ketua Umum Kamuning Periode 2017-2018 mengatakan “Tataliwargi merupakan bentuk kegiatan dari program yang ada di pengembangan aparatur organisasi dan ini menjadi sebuah kegiatan rutin tiap tahun yang selalu diadakan oleh keluarga mahasiswa kunigan KAMUNING UIN Sunan Gunung Djati Bandung.”

“Dalam Tataliwargi ini sebagai orientasi atau pembinaan jika dianalogikan sebagai pintu gerbang mahasiswa baru asal kabupaten kuningan untuk masuk KAMUNING. Secara bahasa Tataliwargi di ambil dari bahasa sunda yaitu tatali yang berarti sebuah ikatan atau mengikat sedangkan wargi adalah keluarga ataupun saudara jadi tataliwargi adalah ikatan yang mengikat keluarga atau saudara sehingga bisa erat dan menjadi keluarga seutuhnya di KAMUNING ini,” jelasnya.

Aris menambahkan, “adapun berbicara tentang Nasionalisme secara dasar saja jika kita mencintai daerah kita sendiri itu sudah termasuk mencintai negara kita karena daerah khusus nya kabupaten kuningan itu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan KAMUNING merupakan bagian dari Kuningan jadi dengan kita mencintai dan mengabdikan diri kepada KAMUNING Itu merupakan bentuk rasa cinta kepada Negara Indonesia.”(humas Kemuning UIN/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kamuning UIN Rutin Gelar Tataliwargi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan