728x90 AdSpace

10 Desember 2017

Seminar Pemilu Raya HMI Komisariat STAI Al-Ihya Kuningan



suarakuningan.com - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STAI (UNISA) AL-Ihya  Cabang Kuningan mengadakan acara Seminar Pemilu Raya dengan Tema “Peran dan Fungsi Civitas Akademika Dalam Menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019”.

Acara ini dilaksanakan di Aula Kampus Universitas Islam AL-Ihya (UNISA) Kuningan dengan jumlah 60 Peserta, Peserta yang terdaftar dari Perguruan Tinggi serta Sederajat, Minggu (10/12)

Kegiatan Seminar Pemiu Raya ini mengundang dua pemateri yang pertama dari Ketua KPU Kabupaten Kuningan (Hj. Heni Susilawati, S.Sos., M.M) dengan materi sesuai Tema “ Peran dan Fungsi Civitas Akademika menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019”, serta Pemateri ke dua dari KAPOLRES Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh KASAT INTEL (AKP Iwan Prasiwan SH., MH.) dengan materi mengenai “Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Tujuan Seminar Pemilu Raya ini yang Pertama untuk pembekalan pendidikan Civitas akademika, khusunya Mahasiswa dan Siswa, ke dua penanaman nilai demokrasi, ke tiga untuk memberikan pemahaman serta bentuk sosialisasi kepada Mahasiswa atau pun Siswa menganai landasan normative dan hukum positive yang mengatur mengenai Pilkada serta Pemilu. Tutur Ilham Abdul Latief (Ketua Pelaksana).

Civitas Akademika atau pun Mahasiswa bagaimanapun adalah kelompok sosial yang istimewa di tengah Masyarakat, mereka pun sangat mempunyai peranan penting sebagai penghubung lidah rakyat. Sebagai katalisator dari harapan Rakyat Mahasiswa harus memahaminya tentang peran mereka dalam Pilkada 2018 dan pemilu 2019, sedangkan bagi siswa ini adalah media pembekalan agar mereka lebih memahami tehnis pemilihan dan memahami cara memilih calon pemimpin yang arif dan bijaksana. Tutur kata Asep Karsono ( Ketua Umum HMI Komisariat STAI AL-Ihya Cabang Kuningan).

Aep Nugraha S.Pd.I (KABAG Kemahasiswaan Universitas Islam AL-Ihya Kuningan) menyampaikan, "Kami selaku lembaga menyambut baik segala bentuk aktivitas organisasi Mahasiswa, baik organisasi intra maupun ekstra, kami pun mengapresiasi kegiatan Seminar Pemilu Raya yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STAI (UNISA) AL-Ihya  Cabang Kuningan."

"Dan memandang bahwa dengan diadakan kegiatan ini merupakan bentuk eksistensi indefendensi HMI dalam memberikan kontribusi positif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya dalam peningkatan pengetahuan tentang pemilu, Lembaga juga meminta kepada KPU Kabupaten Kuningan untuk menyelenggarakan hal serupa dengan pesert yang lebih banyak serta bekerja sama dengan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UNISA (Universitas Islam AL-Ihya) Kuningan," tutur Aep.

Seorang pemilih  harus cerdas, rasional, mandiri, dan bertanggung jawab. Sebagaimana Mahasiswa yang dikenal dengan istilah agent of change, agent of social control and iron stock dengan gamblang menunjukan tugas Mahasiswa sebagai agen yang mengontrol dan mengawasi berbagai kebijakan Pemerintah, pelopor terwujudnya te perubahan sosial yang lebih baik serta sebagai generasi penerus kepemimpinan bangsa di masa mendatang. Tutur Hj. Heni Susilawati, S.Sos., M.M (Ketua KPU Kabupaten Kuningan).

Begitupun dengan Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) Mahasiswa harus berperan dalam mengurangi atau mengeleminasi penyalahgunaan teknologi komunikasi informasi, selain itu bahwa penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi harus terus di kembangkan untuk menjaga, memelihara, dan memeperkukuh persatuan dan kesatuan nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan demi kepentingan nasional.

Seyogyanya mahasiswa harus bisa mengurangi penyalahgunaan teknologi komunikasi yang mengerti dampak negative dan sebagai kalangan akademisi yang seharusnya membantu mengurangi penyalahgunaan teknologi komunikasi, karena ketika mahasiswa sudah mengenal hukum pasti merekapun akan menjauhi hukuman. Tutur kata  AKP Iwan Prasiwan SH., MH (KASAT INTEL Kabupaten Kuningan).(Humas HMI Komisariat STAI Al-Ihya Kuningan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Seminar Pemilu Raya HMI Komisariat STAI Al-Ihya Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan