Hot News
31 Januari 2018

Meski Hanya Terjunkan Delapan Orang, SMAN 3 Kuningan Juara Umum III



suarakuningan.com - Kendati hanya  menerjunkan delapan orang atlet untuk mengikuti pelaksanaan kejuaraan pencak silat bergengsi antar pelajar SMP dan SMA sederajat se-Jawa Barat dan Jawa Tengah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cup tahun 2018 tetapi kontingen SMAN 3 Kuningan mampu merebut posisi juara umum III.

Pasalnya, pada kejuaraan silat pelajar yang diikuti sekitar 970 orang lebih perwakilan tiap sekolah tersebut, hanya dua orang atlet SMAN 3 Kuningan yang tumbang di penyisihan. Namun enam orangnya lagi, berhasil merebut dua medali emas, dua medali perak dan dua medali perunggu.
 
Ketua PBSS Pencak Silat Klub Bersatu Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, mengatakan, di awal tahun 2018 ini, banyak digelar berbagai even pertandingan baik tingkat provinsi maupun nasional sehingga agar semua atlet dapat bertanding sesuai kapasitasnya, maka dipecah menjadi beberapa tim.
 
Untuk tim pertama, pihaknya sengaja menerjunkan delapan orang saja untuk mengikuti kejuaraan IAIN Cup tingkat Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah tetapi hasilnya cukup membanggakan karena mampu menempati posisi juara umum III. Sedangkan perbedaan dengan juara umum I, hanyalah satu emas dan  juara umum II, selisih medali perunggu saja.
 
Dengan perbedaan yang sangat tipis dengan juara umum kesatu dan kedua yang mengirimkan atletnya lebih banyak, akan menjadi bahan evaluasi penguasaan teknik dan taktik bertanding untuk perbaikan tim ke depan supaya atlet-atlet yang ditargetkan menjadi juara, tidak melenceng.
 
Sementara itu, tim kedua, bakal diterjunkan untuk mengikuti kejuaraan pencak silat Satria Muda Indonesia (SMI) Kota Baru Open  II tingkat nasional pada tanggal 15-18 Pebruari di GOR Kota Bekasi. Hanya saja, jumlah atlet yang akan diturunkan lebih banyak karena akan bertanding di kategori laga atau kumite dan TGR jurus tunggal serta ganda.
 
“Alhamdulillah, pada kejuaraan pencak silat IAIN Cup tahun 2018, kontingen SMAN 3 Kuningan yang dibina klub olahraga prestasi PBSS Pencak Silat Klub di bawah naungan Perguruan Silat Bima Suci SMANTIKA mampu meraih predikat juara umum III padahal atlet yang diterjunkannya tidak full class, hanya perwakilannya saja. Karena sebagian atletnya lagi,  dipersiapkan untuk diikutsertakan di kejuaraan SMI Kota Baru Open II tingkat nasional,” tuturnya, kemarin.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Meski Hanya Terjunkan Delapan Orang, SMAN 3 Kuningan Juara Umum III Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan