728x90 AdSpace

Update
19 Mei 2018

Puasa, Dimensi Peneguhan Taqwa

Bulan Ramadhon Merupakan Bulan Teristimewa Dari Sebutan Bulan Yang Ada, Sebab Pada Bulan Ramadhan Terdapat Satu Malam Yang Nilainya Lebih Baik Dari Seribu Bulan..Khoirummin alfi Sahrin.

Rasululloh Telah Berpesan Untuk Kita Semua Bahwa Puasa Bukan Saja Menahan Diri Dari Makan Dan Minum, Melainkan Juga Menahan Diri  Dari Ucapan Dan Perbuatan Yang Keji Dan Kotor.
Kedua Perbuatan Itu Terkategori Dapat   Membatalkan Serta  Merusak Puasa Itu Sendiri.

Puasa Adalah Madrasah Kehidupan Yang Bersifat Multidemenional.
Puasa Tak Semata Asfek Buka Sahur Dan Tak Makan Minum Serta Bermesra Special Syahwati Disiang Hari  Sesuai Syar'i, Melainkan Segala Aktifitas Yang Terintegrasi Antara Hati- Fikiran- Ucapan- Perbuatan- Kebiasaan Serta Karakter Yang Fokus Semata Kerangka Peneguhan Derajat Taqwa..." La'allakum Tattaquwn".

Dengan Demikian Puasa Merupakan Dimensi Peneguhan Taqwa Dalam Artian Dinamis Dan Terukur.
Lebih Lanjut Rasululloh Mengingatkan, Bila Ada Yang Mengajak Kita Bertengkar Atau Didapati Ada Orang Yang Hendak Berbuat Jahat Kepada Kita, Maka Hendaklah Sampaikan.. Inny Shooimuwn... Bahwa Sesungguhnya Saya Sedang Berpuasa.

Puasa Merupakan Ibadah Mahdhoh Terunik Bagi Manusia, Karena Disaat Kita Berpuasa Justru Aktifitas Kita Tidak Menghalangi Amalan Yang Lain.

Puasa Dapat sambil bekerja, Bisa Sambil Tidur Dan Bisa Sambil Beraktifitas Yang Lain. Bandingkan Dengan Ibadah Lain Semisal Sholat Atau Pergi Haji. Ketika Kita Berhaji Tak Dapat Kita Thawaf Sambil Berdagang, Misalnya. Sedang Sholat Jelas Tidak Bisa Sambil Ngobrol Apalagi Tertidur. Sedangkan Dalam Ibadah Puasa Kita Bebas Beraktifas Sesuai Ketentuan Syar'i.

Puasa Sebagai Medan Latihan Dari Prosesi Kehidupan. Oleh Karena Itu Puasa Wajib Bernilai Produktif Dalam Segala Urusan. Kejujurannya, Intensitas Ibadahnya Serta Pola Pengendalian Diri Lainnya.

Itulah Sebabnya Dalam Islam Terdapat Perintah..Shumuu Tashihuu... Berpuasalah Jika Kita Menginginkan Sehat.

Bahkan Jika Kita Menjalani Ibadah Shaum Dengan Keimanan Serta Dalam Konteks Ikhlas, Semata Berharap Ridla Alloh SWT.... Maka Segala Dosa Yang Telah Lalu Akan Mendapat Pengampunan Sepenuhnya.

H. Yusron Kholid, S.Ag, MSi
SALUYU CENTER !

Penulis adalah Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Puasa, Dimensi Peneguhan Taqwa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan