728x90 AdSpace

Update
19 Mei 2018

Hikmah Ramadhan: Mencari Gelar Sejati di Bulan Suci



suarakuningan.com - Bulan suci ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, bulan penuh ampunan. Bulan suci identik dengan kegiatan keagamaan, dimana mayoritas umat muslim meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah mereka kepada sang khalik untuk mendapatkan pahala. 

Bulan suci ramadhan juga dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Namun, sebagian orang kadang menjadikan bulan ini sebagai bulan untuk bermalas-malasan dengan alasan puasanya takut batal. Hal tersebut biasanya sering terlontar dari mulut para pelajar, khususnya pelajar tingkat SMP. Namun tidak bagi pelajar SMP Negeri 1 Cidahu yang tergabung dalam ekstra kulikuler Pramuka. 

SMP Negeri 1 Cidahu merupakan salah satu sekolah induk dengan jumlah siswa cukup banyak. Banyaknya siswa yang meneruskan ke SMP Negeri 1 Cidahu bukan tanpa sebab. Salah satu alasan orang tua dan siswa meneruskan ke SMP Negeri 1 Cidahu karena di sekolah ini banyak kegiatan positif yang dapat mengembangkan potensi para siswa, salah satunya yakni kegiatan kepramukaan. 

Kegiatan pramuka di SMP Negeri 1 Cidahu memang menjadi sorotan bagi sekolah-sekolah lain,  pasalnya selain sering meraih juara di berbagai even perlombaan, kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 1 Cidahu juga rutin dilaksanakan setiap pekan.

Pekan ini, meski di bulan suci ramadhan, bahkan menjelang kegiatan Penilian Akhir Semester (PAS) atau yang dikenal dengan istilah Ujian Kenaikan Kelas (UKK), kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 1 Cidahu tetap berjalan. Seolah tak mengenal lelah, para siswa yang tergabung dalam organisasi pramuka tetap berlatih, namun porsi latihannya dikurangi untuk menghindari rasa lelah supaya tidak mengganggu fisik siswa yang sedang berpuasa. Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 14.30 - 16.30 WIB, Sabtu (19/05).

Kegiatan yang diinisiasi oleh pengurus Dewan Penggalang ini mendapat resfon positif dari siswa yang lain, mereka berasumsi bahwa kegiatan pramuka di bulan suci ini sebagai ajang untuk mengisi waktu senggang sekaligus 'ngabuburit' menanti waktu buka puasa tiba.

Tidak hanya itu, para pengurus Dewan Penggalang Pramuka SMP Negeri 1 Cidahu juga berasumsi, bahwa puasa bukanlah alasan untuk tidak belajar dan berlatih. Meski kegiatan di bulan ramadhan ini cukup padat, seperti: belajar, shalat terawih, tadarus Al-Quran dan lain-lain, namun itu semua tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap melaksanakan latihan pramuka. Mereka berharap, di bulan suci ini selain bisa mendapatkan pahala dengan mengikuti kegiatan positif, mereka juga bisa mendapat gelar sebagai 'Pramuka Sejati'.(A. Ashikin/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Hikmah Ramadhan: Mencari Gelar Sejati di Bulan Suci Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan