728x90 AdSpace

Update
18 Juni 2018

Sukseskan Pilkada, PPS Lebakwangi Gelar Simulasi



suarakuningan - Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Lebakwangi menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara kepada puluhan anggota KPPS, Senin (18/06).

Simulasi dilakukan sebagai bentuk pelatihan mengenai teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tiap TPS. Para anggota PPS juga memberikan studi kasus tentang berbagai kemungkinan yang terjadi di lapangan pada hari H, seperti adanya  pemilih tambahan, pemilih pindahan, penyandang disabilitas, dan lain-lain. 

Kegiatan simulasi yang dilakukan oleh PPS Lebakwangi merupakan bagaian dari rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap ke-2. Tujuannya supaya ketua dan anggota KPPS yang telah ditugaskan di tiap TPS dapat memahami prosedur serta teknis pemungutan dan penghitungan suara yang benar, sehingga terhindar dari kesalahan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai acuan dalam pelaksanaan pemungutan suara supaya sesuai PKPU No. 8 tahun 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan anggota KPPS lengkap dengan ketuanya, adapun tempat yang digunakan yaitu di gedung serbaguna Desa Lebakwangi.

Sebelum simulasi dimulai, anggota PPS memberikan arahan kepada anggota KPPS terkait beberapa file yang harus diupload ke aplikasi Sitagis, menginformasikan waktu pelaksanaan pemungutan suara, menjelaskan tugas masing-masing anggota KPPS, dan sebagainya.

Saat kegiatan berlangsung, anggota KPPS sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan Bimtek, terutama saat kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Terbukti banyaknya ketua dan anggota KPPS yang bertanya kepada panitia penyelenggara.

Kegiatan tersebut dinilai cukup baik, sebab dengan adanya kegiatan semacam itu para anggota KPPS yang bertugas di tiap TPS bisa memahami prosedur serta teknis pelaksanaan pemungutan suara sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Kegiatan Bimtek tahap ke-2 tersebut tidak dipimpin langsung oleh ketua PPS. Ketika dikonfirmasi Amir, S.Pd. selaku ketua PPS Lebakwangi menerangkan bahwa di waktu yang bersamaan ia sedang melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dengan PPK, sehingga ia membagi tugas dengan anggota PPS untuk memimpin jalannya Bimtek. Meski demikian, kegiatan Bimtek tahap ke-2 berjalan dengan lancar, berbagai pertanyaan yang diajukan oleh anggota KPPS juga dapat dijawab secara detail.

Sebagai penyelenggara Pilkada, Amir berharap kegiatan Bimtek tersebut dapat tersampaikan pesan pemilihan secara maksimal.

"Saya harap melalui kegiatan Bintek ini dapat tersampaikan pesan pemilihan secara optimal, sebab tuntutan partisipasi masyarakat sekarang diharapkan dapat mencapai 77% suara masuk", harapnya.

Amir juga menambahkan, bahwa kegiatan Bimtek tersebut dapat mengajak dan mensosialisasikan proses pemungutan dan penghitungan suara, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih.(Achmad Asikin/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Sukseskan Pilkada, PPS Lebakwangi Gelar Simulasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan