Iklan Google 728

16 Oktober 2018

Bawaslu Kuningan: "tugas kami tidak ringan!"



suarakuningan.com - Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Kuningan semakin mantap berkoordinasi dengan berbagai instansi penegak hukum. Keseriusan itu tertuang pada Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polres Kuningan dan Kejaksaan Negeri Kab. Kuningan dalam sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2019. 

Hal itu di follow up melalui rapat koordinasi bawaslu kab. Kuningan, polres dan kejaksaan yang berlangsung di hotel horison 16/10 yang lalu. di Acara tersebut salah satu anggota komisioner Bawaslu Kuningan Ikhsan Bayanuloh yang ditemui di sela acara mengatakan bahwa tugas kami tidaklah ringan dalam menghadapi pemilu 2019. Ini merupakan tugas berat.

Sentra Gakkumdu yang beranggotakan komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan, Kejaksaan Negeri dan Satreskrim Polres Kuningan ini memiliki tugas penting dan tidak ringan dalam menangani pelanggaran pemilu. Luasnya wilayah Kab. Kuningan dan jumlah penduduk yang cukup besar sangat berpotensi terjadi pelanggaran dan kecurangan dalam pemilu. Apalagi Bawaslu Jabar telah merilis bahwa Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di kabupaten Kuningan terbilang cukup tinggi.

Ikhsan menjelaskan, kerja Tim Gakkumdu ini akan melaksankan Kerjasama hingga pelaksanaan Pemilu usai. "Tugas kami yang tidak ringan ini untuk menjamin pelaksanaan pemilu agar berjalan dengan penuh integritas dan berkualitas melalui upaya mengatasi seluruh permasalahan terkait sengketa maupun pelanggaran pemilu, khusunya pelanggaran pidana”. 

Disinggung soal kesiapan menjelang Pemilu 2019, Bawaslu Kuningan sudah mengawalinya dengan menggelar bimtek dan kesiapan jajaran panwascam dan PPKD di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa dalam mengawal dari pelaksanaan pemutakhiran data pemilih sampai dengan pelaksanaan kampamye yang waktunya cukup lama hingga 13 april 2019 mendatang.

Sebanyak 96 anggota panwascam se Kab. Kuningan telah dibekali secara teknis dalam pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran dan siap diterjunkan di seluruh wilayah kerja se Kabupaten Kuningan dalam mengawal pelaksanaan kampanye Pemilu. Mereka telah siap menjalankan tugasnya untuk mendukung upaya pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran selama pelaksanaan kampanye hingga memasuki masa tenang.

Sementara itu, Koordinator divisi Penindakan pelanggaran Bawaslu Kabupaten Kuningan, Ondin Sutarman, S. IP menjelaskan, dalam menejalankan tugasnya di Gakkumdu, pihaknya akan dibantu petugas dari polres Kuningan dan Kejaksaan negeri serta komisioner Bawaslu Kab. Kuningan yang total  semuanya berjumlah 19 orang. Sehingga dengan bertambahnya jumlah personel Gakkumdu ini akan memaksimalkan tugas dan fungsi Bawaslu dalam menegakan keadilan Pemilu 2019.(Humas Bawaslu/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Bawaslu Kuningan: "tugas kami tidak ringan!" Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan