728x90 AdSpace

Update
13 Agustus 2020

Fakta dan Sejarah Kutaraja Dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia

Pengirim: Kang Ifik (Warga Desa Kutaraja) Cucu dari Mbah Kuwu Baron Pradjadisastra

Mbah Kuwu Baron dan Mbi Suwari
Mbah Kuwu Baron dan Mbi Suwari
suarakuningan.com - Desa Kutaraja terletak di sebelah timur Kabupaten Kuningan. Dulu Desa  Kutaraja termasuk wilayah Kec. Lebakwangi tetapi semenjak dilakukan  pemekaran maka Desa Kutaraja termasuk wilayah Kec. Maleber Kab. Kuningan  Jawa Barat.

Desa Kutaraja termasuk desa tertua di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.  

(Baca: 

Desa yang Sudah Ada di Kuningan Timur pada Abad ke-17 )

Banyak nilai sejarah dan fakta sejarah yang terdapat di Desa Kutaraja  dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia, hal  itu tidak terlepas dari ketokohan dan peran serta Kuwu Desa Kutaraja  serta masyarakat dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,  sehingga Desa Kutaraja menjadi Basis para pejuang.

 Mbah Kuwu Baron  Pradjadisastra adalah Kuwu sekaligus pejuang yang saat itu menjadi tokoh  yang disegani di wilayah Karesidenan Tjirebon. Sehingga Desa Kutaraja  pernah menjadi tempat hijrahn

Tambahkan teks

ya Pasukan Siliwangi saat pergerakan  pasukan Siliwangi menuju pemerintahaan RI yang dipindahkan ke  Jogjakarta. Kutaraja juga pernah menjadi tempat hijrahnya/ evakuasi  pemerintahan Keresidenan Tjirebon. Kantor Karesidenan Tjirebon saat itu  di rumah Mbah Kuwu Baron Pradjadisastra. Kurang lebih selama 2 bulan  Karesidenan Tjirebon berada di Desa Kutaraja.

 Pemerintahan Republik  Indonesia, Pemerintahan Karesidenan Tjirebon dan Pangdam Siliwangi  sangat berterima kasih kepada Mbah Kuwu Baron Pradjadisastra serta para  pejuang dan masyarakat Desa Kutaraja.

 Pada tahun 1949 Residen  Tjirebon (Cirebon) memberikan piagam penghargaan untuk Mbah Kuwu Baron  Pradjadisastra atas jasa-jasanya dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan  Republik Indonesia.

 Mbah Kuwu Baron & Nyi Kuwu Baron (Mbi Suwari) memiliki 8 orang putera/ puteri :

 1. Mih Hj. Titi (Cineumbeuy)

 2. Wa Amu terkenal dengan sebutan Mak Uwa Cirebon

 3. Abah Abu Wangsasasmita (Subang/ Serang)

4. Abah Abas Effendi

 5. Mak Uju istri dari Abah Kiyai Enjo

 6. Abah Kuwu Ulun Bahrum

 7. Abah Ulis Salmun (Abah Amun)

 8 Mih Hj. Juah Haeriyah terkenal dengan sebutan Wa Guru


Banyak orang yang tidak tahu bahwa Desa Kutaraja mempunyai peran yang  sangat menentukan dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, bahkan Mbah Kuwu Baron Pradjadisastra adalah Kuwu terbaik dan menjadi  tauladan di wilayah Kabupaten Kuningan bahkan di Karesidenan Tjirebon.

Demikian sejarah singkat ini disampaikan agar kita bangga menjadi warga  Desa Kutaraja dan tetap mengabdi untuk kebaikan negeri ini umumnya dan  khususnya Desa Kutaraja.

Wassalam




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Fakta dan Sejarah Kutaraja Dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan