Iklan Google 728

18 Maret 2019

Dengan Program Ini, UPZ Jalaksana Berhasil Tingkatkan Pemasukan Zakat

suarakuningan.com - Kegiatan Pendistribusian sembako dan stimulan kembali digelar di Aula KUA Kecamatan Jalaksana pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (18/3). Nampak hadir Komisioner BAZNas Kabupaten Kuningan, Kepala Camat Jalaksana Suryamin Sip, Ketua UPZ Jalaksana Mumuh Muhammad Ali S Ag dan Kepala KUA Jajang Ahmad Zarkasih  S Ag M Si.

Dalam kesempatan itu, Ketua UPZ Kecamatan Jalaksana Mumuh menuturkan, pemasukan zakat dan tingkat kesadaran masyarakat akan ibadah zakat stiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini, dibuktikan  dengan adanya peningkatan dari tahun  sebelumnya yang berjumlah 46 Juta menjadi 50 Juta.

"Sebenernya kesadaran masyarakat untuk ruang lingkup di Kecamtan Jalaksana ini cukup tinggi, meskipun untuk zakat mal nya sih dua Desa dari satu lembaga yang secara rutin menunaikannya dengan jumlah yang dikeluarkan 11 Juta Rupiah," ujarnya.

Ia menambahkan, sungguh tidak mudah untuk mencapai hasil sekarang ini, proses yang dilalui pun cukup terbilang sulit. Pasalnya menyangkut kesadaran ataupun pola pikir manusia yang satu sama lain berbeda-beda. Walaupun begitu, pihaknya terus berupaya dengan berbagai cara. Salah satunya program pemeliharaan kambing bergilir yang sampai saat ini terus berjalan.

“Program ini sama halnya yang dilakukan dulu oleh BAZNas Kabupaten Kuningan di Desa Sembawa, dan alhamdulillah program ini sangat bermanfaat sekali dan efisien. Lantaran sistemnya terus bergilir, ketika kambing beranak, anak kambing tersebut dikasih ke orang lain jadi sangat membantu. Selain itu, kemarin kita juga sudah mengalokasikan untuk 3 desa terakhir, masing-masing per desa satu kambing," lanjut ia.

Sementara itu, Kepala KUA Jajang mengatakan, program ini merupakan suatu keberkahan dalm hidup dan pengingat bahwasanya zakat yang telah disalurkan oleh seluruh masyarakat akan disalurkan kembali kepada masayrakat.

"Mudah-mudahan kedepannya hal ini akan terus menjadi motivasi dan dorongan bagi yang masyarakat yang memiliki rezeki yang  lebih atau yang sudah mencapai nisobnya agar terus menunaikan ibadah zakatnya, tuturnya.

Pantauan awak media, dalam kegiatan tersebut nampak khidmat dan tartib. Adapun jumlah anggaran yang disalurkan untuk Kecamatan Jalaksana sebesar RP.27.350.000, dengan jumlah mustahik sebanyak 112 orang.(Argi/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Dengan Program Ini, UPZ Jalaksana Berhasil Tingkatkan Pemasukan Zakat Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan