728x90 AdSpace

Update
30 Desember 2019

KIPP Kuningan Kunjungi Bawaslu Kuningan



suarakuningan.com - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Kuningan telah melakukan kunjungan kelembagaan ke Bawaslu Kabupaten Kuningan. Ketua KIPP Kabupaten Kuningan Zaka Vikryan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan sebagai pengenalan lembaga dan mempererat tali silaturahmi antara KIPP Kuningan dengan Bawaslu Kuningan, Senin (30/12)

“Silaturami ini, kami padu-padankan dengan dialog kepemiluan. Ada pun yang dibahas yakni mengenai Evaluasi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan. Dari giat ini, KIPP Kuningan ingin mengetahui seluk-beluk permasalahan pelanggaran dan penyelesaian sengketa yang terjadi dalam pesta demokrasi di Kabupaten Kuningan 2 tahun ke belakang.” tutur Zaka.

Hadir secara langsung menyambut kehadiran KIPP, Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan Ondin Sutarman dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan Ikhsan Bayanuloh. Selain itu turut pula hadir bersama KIPP Kuningan beberapa rekan-rekan mahasiswa dan aktivis Kuningan yang menaruh minat terhadap dunia kepemiluan, yakni rekan-rekan HMI Cabang Kuningan, mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan dan mahasiswa Universitas Kuningan.

Ikhsan Bayanuloh, dirinya menyampaikan bahwa berdasar atas UU No 7 Tahun 2019 Pasal 99 dan 103, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/ Kota berwenang; menerima, memeriksa, memediasi atau mengajudikasi, dan memutus penyelesaian sengketa proses Pemilu di wilayah Provinsi/Kabupatej/Kota.

“Penyelesaian sengketa pemilihan merupakan salah satu sarana penegakan hukum dalam Pemilihan Kepala Daerah, khususnya yang berkaitandengan upaya memberikan perlindungan hukum atas terjadinya perselisihan kepentingan antar peserta pemilihan atau antar peserta pemilihan dengan penyelenggara pemilu dalam mengeluarkan keputusan yang menjadi objek sengketa.” tutur Ikhsan.

Selanjutnya forum diisi dengan dialog interaktif antara KIPP Kuningan dan Bawaslu Kuningan jura beberapa rekan mahasiswa dan aktivis. “Alhamdulillah kami merasa puas dengan paparan Bawaslu Kuningan tentang penanganan pelangaran dan penyelesaian sengketa dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan. Beberapa data yang dibuka serta penjelasan alurnya lugas dan transparan. Semoga silaturami KIPP Kuningan dan Bawaslu Kuningan dapat terus berlanjut ke depannya.” tutur Zaka.(humas KIPP/Cucun/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KIPP Kuningan Kunjungi Bawaslu Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan