728x90 AdSpace

Update
8 Agustus 2020

“08082020” 12 Tahun Komunitas Kelana Buana, Dokumentasikan 150 an Situs

suarakuningan.com – Komunitas Kelana Buana Ralthagan genap berusia 12 Tahun pada tanggal yang unik 08082020 (8 Agustus 2020). Syukuran milangkala Komunitas yang berada dibawah Yayasan Lanthera ini berlangsung sederhana dengan pemotongan tumpeng dan nasi liwet.

Bertempat di situs yang sementara tercatat sebagai situs tertua di Kabupaten Kuningan, Situs Sanghiang, Desa Sagarahiang, dihadiri puluhan anggota Kelana Buana dan tamu.

Dibuka dengan diskusi ringan bertema “Nalusur Karuhun, Maluruh Pikukuh” bersama sesepuh Kelana Buana Ralthagan, Mang Tablo dan Elang Gesang Hariman (Keturunan Pinanggeran Gebang dari jalur P.Tursina bin P.Susilaningrat bin P.Sudjatmaningrat) selaku Pemangku Adat dari Cirebon serta Elang Ade yang tengah pula menelusuri dan mendokumentasi  Jejak Cirebon di wilayah kekuasaan Residen Cirebon di masa lalu.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua Komunitas Kelana Buana Ki Wulung alias Kang Kentunk Kusnadi.

Video-Video Penelusuran Kelana Buana: Saluran Suarakuningan

IG: kelaburalthagan

Fanpage FB: Kelana Buana Ralthagan

Kepala Divisi Budaya Yayasan Kelana Buana yang juga Owner Waja Kopi Kuningan, Kang Dhani saat ditanya dokumentasi situs-situs menyampaikan, bahwa dokumentasi yang kami buat pada awal-awalnya kurang lengkap setelah evaluasi. Jadi akan dilengkapi bahkan ditelusuri kembali terutama yang telah lama tidak ditengok. “Kita berharap bisa ada kerjasama semua pihak untuk turut melestarikan dan mendokumentasikan peninggalan leluhur kita”, ujarnya. (dan)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: “08082020” 12 Tahun Komunitas Kelana Buana, Dokumentasikan 150 an Situs Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan