728x90 AdSpace

Update
18 November 2020

Tahsin dan Tahfidz Quran Tunanetra di Kuningan Sudah 4 Tahun Berjalan

suarakuningan.com - Lantunan ayat suci bergema di Rumah Sahabat Al Quran Jalan Otista 126 tak jauh dari SMPN 2 Kuningan. Beberapa orang tengah meraba Al Quran. Ya meraba, mereka membaca Al Quran beraksara Braille. 


Suasana  "pembacaan" Al Quran terasa begitu istimewa dan mengusik hati. Betapa tidak para tahsin Al Quran ini adalah para penyandang disabilitas tuna netra yang tengah mengadakan pengajian mingguan setiap Hari Rabu dibawah asuhan H. Harun.


Para penyandang disabilitas tuna netra peserta tahsin dan tahfidz ini tergabung dalam wadah Nurul Qolbi yang dibuat oleh U’u Tanuwarsa (61 tahun) yang juga ketua Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Cabang Kuningan.


U'u menyampaikan bahwa kegiatan tahfidz dan tahsin Nurul Qolbi ini telah berjalan 4 tahun. Sekarang jumlah peserta Nurul Qolbi 100 orang yang tersebar di Desa Cilimus, Desa Bandorasa, Desa Timbang dan Desa Cipicung. Yang aktif dalam tahfidz dan tahsin tunanetra ini saat ini 70 orang yang tersebar di 4 wilayah.


"Kami berterimakasih kepada para pengurus Rumah Sahabat Quran yang telah menyediakan tempat untuk kami para penyandang tunanetra ini belajar membaca dan menghafal Al Quran. Saat ini salah seorang penyandang tunanetra tengah memperdalam ilmu bacaan Quran agar lebih meningkatkan perbaikan bacaan dan hafalan kita," ujar U'u.


U'u menitipkan kepada penulis, agar menyampaikan kepada pihak pemerintah daerah untuk perhatian terhadap para penyandang tunanetra muslim ini. "Kami membutuhkan pelatihan keterampilan, karena beberapa penyandang ada yang belum memiliki keahlian," harapnya yang diamini peserta lainnya.


Penggagas dan pendiri TPA Sahabat Qur'an, Drs. H. Ikhsan Marzuki, MM, menyampaikan Rumah Sahabat Quran dibentuknya sebagai TPA. 


"Rekan-rekan dari ITMI berbincang tentang sulitnya mencari tempat untuk bersilaturahmi dan belajar membaca dan menghafal Quran, kami tersentuh dengan ghirah mereka, dan saya menghubungi para donatur yang bisa menyediakan Quran Braille untuk mereka. Tak terasa, 4 tahun sudah kegiatan tahsin dan tahfidz Nurul Qolbi (khusus penyandang tunanetra) di rumah Sahabat Quran," kisahnya.(red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Tahsin dan Tahfidz Quran Tunanetra di Kuningan Sudah 4 Tahun Berjalan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan