Warga Desa Jamberama Antusias Diajari Budidaya Nila Merah


suarakuningan.com - Warga Desa Jamberama, Selajambe, Kabupaten Kuningan, digembleng Demplot Penarapan Teknologi Perikanan, oleh Dinas Perikanan dan Peternakan/ Disnakan Kuningan,. di Aula Desa Jamberama, Sabtu (3/7). 

Pelatihan dalam rangka support TN Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0615 Kuningan 2021. Usai giat itu, Disnakan bersama Satgas TMMD terjun ke beberapa kolam milik warga, menebar benih ikan nila merah. 

Kepala Desa Jamberama, Suryaka optimis pelatihan dan pemerian bantuan benih nila merah ini akan meningkatkan keterampilan masyarakat serta menambah produksi ikan di desanya.

Sahlan (54) salah seorang warga merasa terbantu dengan adanya pelatihan dan bantuan benih nila merah ini.  

“Kita sebar 15.000 benih ikan nila merah. Selain tangguh terhadap perubahan air, jenis ikan ini ketika dewasa bisa berkembang sendiri. Jadi meskipun sudah saatnya dipanen, generasinya akan terus tumbuh, tersedia buat kebutuhan ikan masyarakat,” terang Kepala Disnakan Kuningan, Ir Bunbun Budhiasa, didampingi Dan SSK Kapten kav Suharto, dan Koordinator Pelatihan, Kapten Arh Mulyadi kepada 

Apalagi Kuningan saat ini, masih sangat kurang budidaya ikan nila merah. Maka, Ia ingin masyarakat mengetahui tata cara budidaya ikan nila merah agar produktif, berkualitas. 

Untuk Kabupaten Kuningan, secara umum produksi ikan baru mencapai 25,000 ton. Ia berharap, kedepan  produksi perikanan bisa lebih meningkat. Meskipun, ada kendala meskipun Kuningan sangat kaya sumber air, tetapi tidak semua sumber air bisa untuk budidaya ikan.

“Maka, kita juga berupaya meningkatkannya melalui metode pembuatan kolam dari terpal. Meski lahan sempit, tapi bisa produktif. Tidak akan kalah hasilnya dari budidaya ikan dikolam,” ujar Bunbun.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Desa Jamberama Antusias Diajari Budidaya Nila Merah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.