Setelah 2 Tahun Vakum, Mahasiswa KKN-T Desa Tangkolo Subang memeriahkan Tahun Baru Islam Se-Lengkob Cijolang


suarakuningan.com - Agenda rutin tahunan dalam menyambut tahun baru Islam kembali dilaksanakan, setelah dua tahun vakum karena adanya pandemi covid 19. Perayaan tahun baru Islam kembali digelar di Desa Tangkolo Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan. kegiatan Gebyar Muharam 1444 H / 2022 M ini mengusung tema
"Spirit Tahun Baru Hijriyah Untuk Menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Insaniyah, dan Wathaniyah" sukses digelar pada 2 Muharam 1444 H kemarin.


Seperti tahun sebelumnya, kegiatan ini melibatkan desa se-Lengkob Cijolang yang terdiri dari Desa Tangkolo, Desa Dadiharja, Desa Patakaharja, Desa Giriharja, dan Desa Jangalaharja di kecamatan Subang Kuningan, istilah "Lengkob Cijolang" didasarkan pada wilayah perbatasan yang jaraknya berdekatan dan letak geografisnya yang berdekatan dengan Sungai Cijolang.

Ketua Pelaksana kegiatan Gebyar Muharam, Drs Ade Tatang Dimyati M. Pd menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1444 H selain itu menumbuhkan kembali semangat tahun baru Islam.

“Karena dua tahun ini vakum akibat pandemi covid 19, maka tahun ini kembali digelar sebagai upaya menumbukan kembali silaturahmi antar desa se-Lengkob Cijolang, memakmurkam syiar islam serta meningkatkan ukhuwah islamiyah.” Jelasnya.

Berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN Tematik,  yaitu mahasiswa di Perguruan Tinggi Jawa Barat Banten yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) LLDIKTI Wilayah 4 yang mana di dalam nya terdapat gabungan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat dan Banten. Kehadiran mereka menambah kemeriahan acara tahun baru Islam ini. Sinergi kerjasama yang baik ini ditilik dari pelibatan mahasiswa dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan. Saat pelaksanaan mahasiswa ditempatkan pada titik-titik tertentu seperti posko kesehatan dan keamanan.

“Saya dan teman-teman semua sangat senang bisa ikut serta dalam pelaksanaan peringatan 1 Muharam ini yang mana merupakan salah satu agenda besar di Desa Tangkolo, apalagi acara ini sudah 2 tahun tidak dilaksanakan. Harapannya semoga acara selanjutnya bisa lebih meriah lagi dari pelaksanaan tahun ini”, ujar Ketua KKN-T, Galih Adam Firdaus.

Diawali dengan perlombaan Pawai Ta'aruf, seluruh lapisan masyarakat dari kelima desa berlomba-lomba untuk menampilkan formasi terbaik demi menyambat sebuah gelar juara. Mahasiswa KKN Desa Tangkolo juga turut serta meramaikan kegiatan pawai ta’aruf.  Tahun ini, Desa Dadiharja berkesempatan memenangkan perlombaan pawai alegoris yang pemberian hadiahnya diberikan langsung oleh Sekretaris Camat Kecamatan Subang, Asep Suwarno S.A.P.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan menggelar Tabligh Akbar yang mendatangkan mubaligh kondang K.H Muhammad Ubaidillah Z.A dari Kabupaten Sukabumi. Kegiatan Tabligh Akbar berlangsung dilaksanakan di Lapangan Tunas Adiwikarta Desa Tangkolo.

Desa Tangkolo merupakan satu satunya Desa di wilayah Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan yang tergabung dalam Lengkob Cijolang. Kepala Desa Tangkolo,  Yoyo Sunaryo dalam sambutannya menyebutkan bahwa beliau merasa bangga karna pada tahun ini Desa Tangkolo dipercaya dan diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta tahunan Gebyar Muharam Se-lengkob Cijolang, walaupun seharusnya itu dalam pelaksanaan di tahun 2019.

"Semoga pelaksanaan Gebyar Muharam selanjutnya semakin meriah. Pemerintahan tangkolo siap mendukung kegiatan sesuai slogan Desa Tangkolo yakni Tanggap, Kompak, Loyal", harapnya.(yadi/red)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setelah 2 Tahun Vakum, Mahasiswa KKN-T Desa Tangkolo Subang memeriahkan Tahun Baru Islam Se-Lengkob Cijolang"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.