Hot News
22 Agustus 2023

215 Anak Disunat Awali Rangkaian Hari Jadi ke 525 Kuningan

 



suarakuningan.com - Suara tangis anak-anak yang tengah disunat (dikhitan) di dalam bilik bilik tenda sunatan massal di halaman pendopo sekretariat daerah Kuningan terdengar mewarnai pagi, Selasa (22/8/2023).


Sementara di aula pendopo dilaksanakan donor darah yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan.



Kegiatan bhakti sosial sunatan massal ini, sesuai rundown yang dikeluarkan resmi Panitia Hari Jadi Kuningan,  sebagai kegiatan pembuka dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 525 Kuningan yang jatuh pada tanggal 1 September. 


Penyelenggaraan sunatan massal ini diselenggarakan LKKS (Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial) kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan organisasi profesi yakni Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Kuningan,  Persatuan Perawat Nasional Indonesia,  Ikatan Apoteker Kuningan,  dan Pemerintahan desa/kelurahan yang mengerahkan anak-anak peserta sunatan massal. 



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan,  dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM saat ditemui di lokasi sunatan massal menyampaikan,  "saya berada di sini sebagai kapasitas dokter,  bukan kepala dinas,  ya. Kegiatan bhaksos rangkaian hari jadi Kuningan sudah rutin dilaksanakan,  alhamdulillah dari jumlah peserta, tahun ini pesertanya terbanyak,  215 anak. Mudah-mudahan ke depannya kehadiran dari pemerintah daerah maupun organisasi profesi bisa dirasakan lebih baik lagi oleh masyarakat."


"ini adalah salahsatu bentuk pengabdian kita untuk masyarakat. Nanti ada lagi kegiatan kegiatan bersifat sosial,  untuk dinas kesehatan kita ada hari kesehatan nasional yang setiap tahun juga yang kita laksanakan kegiatan yang sifatnya mendekatkan insan insan kesehatan kepada masyarakat, " tambahnya. 



Susi melanjutkan, "Stunting masih menjadi sorotan utama, alhamdulillah stunting kita masih dibawah target propinsi dan kita berkolaborasi dengan berbagai sektor untuk menangani stunting. "


Tahun Ini Dinas Kesehatan Kuningan Buka Griya Sehat Pelayanan Kesehatan Tradisional


Susi menyampaikan bahwa tahun ini Dinas Kesehatan Kuningan tengah merintis Griya Sehat yang merupakan pelayanan kesehatan tradisonal letaknya di Puskesmas Jalaksana tepatnya sebelah Koramil Jalaksana. "Dan untuk tahun ini khusus gratis dulu. Silahkan kepada masyarakat yang ingin mencoba,  karena banyak fitur layanan," ujarnya. 


Video Griya Sehat Kuningan


"Masyarakat Kuningan saat ini sudah semakin aware terhadap kesehatannya. Pelan pelan berubah,  bukan kita yang membutuhkan masyarakat,  tetapi masyarakat sudah mulai menyadari kebutuhan pelayanan kesehatannya untuk mengecek kesehatan,  bukan untuk berobat. Kita juga membuka pustu pustu untuk layanan preventif dan promotif sudah sangat banyak.  Kita sering melakukan screening kesehatan, screening gula,  screening hipertensi, dan itu gratis," paparnya.(red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: 215 Anak Disunat Awali Rangkaian Hari Jadi ke 525 Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan