728x90 AdSpace

5 November 2018

Sekolah “Jadi Spiderman” di Kuningan, Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPTMP)



suarakuningan.com - Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPTMP) Regional Kab. Kuningan Jabar memiliki tempat berkumpul yang biasa disebut Markas di Radio Gema Remaja.. JL. R. E. Martadinata No. 155 Ciporang Kuningan Jabar. KPTMP Regional Kuningan adalah Komunitas yang terdiri dari gabungan pemanjat tebing dan penggiat alam bebas.

Anggotanya tidak hanya remaja dan pemuda, tetapi ada juga usia dewasa dan anak-anak.. KPTMP Regional Kuningan Jabar ada di bawah koordinasi KPTMP Indonesia atau Indonesia Climbing Expedition yang pada tahun 2013 sudah berhasil membuat 1000 jalur panjat tebing di Indonesia dan 9 negara lainnya yang di persembahkan dari Indonesia untuk dunia.

KPTMP Regional Kuningan Jabar sudah berdiri selama 3 tahun di Kab. Kuningan. Beberapa program sudah dilakukan oleh KPTMP Regional Kuningan Jabar. Selain memberikan sarana dan edukasi panjat tebing di Markas, KPTMP Regional Kuningan Jabar rutin setiap tahunnya menyelenggarakan Sekolah Panjat Tebing Merah Putih (SPTMP) bagi warga Kab. Kuningan dan sekitarnya yang membutuhkan. 

Selain itu pada tahun 2017, KPTMP Kuningan juga pernah memberikan pelatihan penyelamatan di medan terjal / Vertical Rescue (VR) untuk personil Pemadam Kebakaran Kab. Kuningan dibantu oleh pengurus pusat yang ada di Bandung yaitu Vertical Rescue Indonesia.

Setiap hari dimulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB (kecuali hari Jumat)  KPTMP membuka pelatihan / kursus panjat tebing di Markas dengan peserta latih umum, mahasiswa, pelajar, dan anak2.. 

Selain menyelenggarakan SPTMP dan Sekolah VR, KPTMP Regional Kuningan juga memiliki program kegiatan lain. Diantaranya adalah membangun jembatan gantung darurat untuk warga Dukuh Badag Cibingbin pada tahun 2017. Selain itu, KPTMP Regional Kuningan juga telah 2 tahun berturut-turut melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa setiap tanggal 17 Agustus di medan vertical yang diselenggarakan di Tebing Taman Cisantana.. Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua / koordinator wilayah sekaligus pendiri KPTMP Regional Kuningan adalah seorang ibu rumah tangga. Adalah Melina Fitriani Ajeng Supartho Putri, seorang ibu yg sudah memiliki 2 orang putri, dan istri dari seorang PNS yg bertugas di Dinas PUPR Kab. Kuningan. Dengan pengalaman dan pengetahuannya mengenai Panjat Tebing yang digelutinya bersama Tedi Ixdiana (Kepala Sekolah SPTMP) sejak tahun 2001 di Bandung. 

Sejak tahun 2015, Melina mulai merintis KPTMP Regional Kuningan Jabar dengan tujuan untuk menyebarkan edukasi terkait keamanan dalam kegiatan panjat tebing di Kab. Kuningan. Berdasarkan pemikiran bahwa di wilayah Kab. Kuningan memiliki banyak potensi tebing. Bahkan di Kab. Kuningan sudah ada beberapa objek wisata tebing, seperti tebing Taman Cisantana, Tebing Taman Hutan Kota Mayasih, Tebing Cibuntu, dan masih ada beberapa objek wisata tebing yang berpotensi di Kab. Kuningan. (red)

Media komunikasi Komunitas Panjat Tebing Merah Putih Regional Kuningan Jabar.
Email:
semangathargamatikuningan@gmail.com
WA: 08112160686

Facebook :
Komunitas Panjat Tebing Merah Putih Kuningan Jabar
Instagram :
@merahputihkng
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Sekolah “Jadi Spiderman” di Kuningan, Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPTMP) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan