Hot News
13 Mei 2016

Pertambangan Onnyx Ciniru dan Alih Fungsi Lahan Leuweung Leutik Dinilai Rusak Lingkungan



Suarakuningan.com - Eksplorasi Pertambangan Batu Onnyx (sejenis marmer kualitas tinggi) di Desa Rambatan Kecamatan Ciniru oleh sebuah perusahaan swasta yang telah beroperasi 4 tahun ini menjadi penyebab rusaknya daya dukung lingkungan dan ekosistem hutan.

Demikian disampaikan Gerakan Massa Pejuang Untuk Rakyat (GEMPUR) pada audiensi dengan Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Jumat (13/5) bertempat di Aula Sidang Utama DPRD Kuningan.

Menurut para pendemo, hingga tahun 2013 eksploatasi ini belum diizinkan oleh Bupati Kuningan saat itu H. Aang Hamid Suganda, juga Kuwu dan BPD Desa Rambatan. Tapi entah kenapa perusahaan ini berani beroperasi.

100 an anggota masyarakat tersebut juga menyebut Pertambangan Batu Onnyx dilakukan di areal Hutan Adat "Leuweung KUTA SILIWANGI" yang dipercaya sebagai salah satu SITUS Prabu Siliwangi semasa muda yang biasa dipanggil Pangeran Jayadewata dan bergelar SANG PAMANAH RASA.

Selain juga para pendemo Menuntut Hak Atas Asal Usul satu areal hutan adat lainnya, Leuweung Leutik di Hutan Mayasih yang sering disebut Situ Hyang yang merupakan cathmen area (daerah resapan air) di atas Mata Air Cigugur di Blok Lumbu. Di area ini masyarakat menilai adanya penyerobotan lahan dan alih fungsi.

Anggota DPRD, H. Ujang Kosasih (F-PKB) yang memimpin pertemuan tersebut berjanji akan melakukan investigasi lapangan ke dua lokasi yang ditunjukkan oleh audiens. Juga akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan aktifitas di kedua lokasi tersebut.

Demikian dua DPRD anggota lainnya, Rudi O'ang (F-PKS) dan Dede Sembada (F-PDI-P) mengamini pernyataan H. Ujang Kosasih.(Dan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pertambangan Onnyx Ciniru dan Alih Fungsi Lahan Leuweung Leutik Dinilai Rusak Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan