728x90 AdSpace

Update
25 Oktober 2016

Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi Kuningan Tahun 2016



Suarakuningan.com - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan akuntansi, pengawasan dan manajemen koperasi, sebanyak 100 orang pengelola koperasi dari 100 koperasi yang tersebar di Kabupaten Kuningan mengikuti kegiatan pembinaan dan pengawasan koperasi program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi tahun 2016. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, Senin-Selasa (24-25/10) di Hotel Ayong Kuningan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan, Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, MP mengatakan, pengelola koperasi perlu menguasai pengetahuan dan keterampilan pengelolaan koperasi yang meliputi berbagai aspek.

Aspek-aspek yang perlu dikuasai itu antara lain, (1) aspek kebijakan pemberdayaan koperasi dan UKM di Kabupaten Kuningan, (2) aspek akuntansi koperasi, (3) aspek manajemen pengawasan koperasi, (4) aspek manajemen sistem pengendalian internal koperasi dan (5) aspek revitalisasi koperasi.

Menurut nya, untuk bisa berjalannya sebuah organisasi dengan baik dalan hal ini koperasi, perlu adanya unsur POAC, yakni unsur perencanaan, organisasi, acounting dan controling.

“Tidak sedikit organisasi yang hancur karena tidak memiliki empat unsur ini,” tegas Dodi.

Lanjut Dodi, untuk dapat memajukan koperasi perlu anggaran yang memadai, sementara alokasi anggaran yang ada baik di tingkat pusat, propinsi maupun kabupaten relatif kecil. Sehingga kondisi ini sangat sulit untuk mewujudkan koperasi sebagai soko guru perekonomian. 

Sementara ketua panitia pelaksana teknis kegiatan, Dadi Suhardi, SE dalam laporannya mengungkapkan, materi yang disampaikan meliputi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam pengenbangan UKM, , akuntansi koperasi, manajemen pengawasan perkoperasian, manajemen perkoperasian, manajemen sistem pengendalian internal koperasi dan revitalisasi koperasi.  

Sedangkan pemateri terdiri dari Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, MP Kepala Dinas Koperasi UKM, Drs. Triguna, M.Si, Drs. Shofwan Azhar serta Deni Sukriandani, SH Kabid Kelembagaan Koperasi, dan Enjang Taryana Kasi Badan Usaha Koperasi. (Jon’s)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi Kuningan Tahun 2016 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan