Hot News
21 Oktober 2016

Peringati Muharram, Uniku Santuni Anak Yatim Piatu



SuaraKuningan.com - Universitas Kuningan (Uniku) sebagai Lembaga Pendidikan yang berada ditengah kawasan masyarakat tidak lepas memaknai datangnya bulan Muharram 1438 Hijriyah, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur Universitas Kuningan (Uniku) yang menginjak usia 13 tahun sebagai momentum hijrah untuk berbuat kearah yang lebih baik dari sebelumnya. 

Momentum ini sangatlah tepat jika makna tersebut dikaitkan dengan aktifitas berbagi terhadap masyarakat terutama anak yatim piatu. Banyak masyarakat yang saat ini secara ekonomi merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun kebutuhan untuk pendidikan, hal inilah yang mendorong pihak Universitas Kuningan melalui DKM Daarul Mutta’allimin untuk berbagi dengan sesama  guna sedikit mengurangi beban hidup mereka, bukankan orang yang terbaik adalah yang dapat bermanfaat untuk sesama Khoirun naas anfauhum linnas ?

Atas dasar itu, sebagai ungkapan rasa syukur dan menyambut datangnya bulan Muharram 1438 H, Rektor Universitas Kuningan Dr. Iskandar, M.M menyerahkan santunan kepada 90 anak yatim piatu dari Yayasan Yatim Piatu Kompleks Stadion Mashud Kuningan, Yayasan Zauhayur Hayat dan anak yatim piatu di sekitar Kampus I di Mesjid Da’arul Muta’allimin UNIKU, Jum’at (21/10). 

Kegiatan ini, merupakan kegiatan rutin tahunan atau agenda tahunan yang dilaksanakan DKM Da’arul Muta’allimin setiap datangnya Tahun Baru Hijriyah atau bulan Muharram.

Disela-sela acara santunan anak yatim piatu kali ini, Uniku juga menerima bantuan dari Kementerian Agama Islam Republik Indonesia yang diwakili oleh Aria Permana, S.IP., berupa Al-qur’an sebanyak 90 mus’haf untuk DKM Da’arul Mutta’allimin Universitas Kuningan (Uniku).

Dalam sambutannya Rektor Universitas Kuningan Dr. Iskandar, M.M menyampaikan bahwa kegiatan santunan ini merupakan kegiatan yang baik dan sesuai dengan perintah agama untuk peduli terhadap anak yatim piatu, sebagaimana didalam Al-qur’an dikatakan bahwa salah satu ciri orang yang mendustakan agama yaitu orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin, dan didalam hadis dikatakan bahwa aku bersama pemelihara anak yatim akan berada di surga kelak. Sambil mengisyaratkan dan mensejajarkan kedua jari tengah dan telunjuknya (H.R. Bukhari). 

Selain itu, Iskandar menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang selalu diselenggarakan oleh Universitas Kuningan (Uniku) melalui DKM Da’arul Mutta’allimin Uniku. Setiap tahunnya, jumlah penerima santunannya selalu bertambah. Untuk tahun sekarang, Alhamdulillah ada 90 anak yatim piatu yang kami santuni. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama Republik Indonesia atas bantuan Al-qur’an untuk DKM Da’arul Mutta’allimin Universitas Kuningan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Uniku kepada sesama yang saling membutuhkan terutama bagi anak yatim piatu. Beliau juga meminta doa anak yatim piatu agar Universitas Kuningan yang sedang berkembang menjadi lebih maju dan lebih bermanfaat kedepannya,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Anggota Dewan Pembinan Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Hasan Sutardi, M.Pd., Ketua Dewan Pengawas YPSAK Dodo Sutjarda, SH., Rektor Universitas Kuningan Dr. Iskandar, M.M., Wakil Rektor II Fahmi Yusuf, M.M.S.I., Wakil Rektor III Dr. Dikdik Harjadi, M.Si., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., Kepala BAKKUP Drs. Ajat Sudrajat, M.Si., Kepala BAAK Mufti Syarif, SE., Kepala Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Dr. Sulistyono, M.Si..

Juga hadir Perwakilan dari Kementerian Agama Republik Indonesia Aria Permana, SIP., Ketua DKM Mesjid Da’arul Mutta’allimin beserta jajaran pengurusnya, Ketua BEM Universitas Kuningan, Ketua LDK Al-Kahfi dan tamu undangan lainnya.(AsepSupriadi/UNIKU/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Peringati Muharram, Uniku Santuni Anak Yatim Piatu Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan