Hot News
5 Oktober 2016

Telkomsel dan BTPN Uji Coba Penyaluran Non – Tunai Bantuan Sosial Pemerintah




SuaraKuningan.com – Telkomsel bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra - BTPN Wow! Uji coba kali ini merupakan uji coba tahap kedua. Sebelumnya, pada Agustus 2016, TCASH Ekstra - BTPN Wow! telah melakukan uji coba serupa di Medan, Jakarta, Bogor, dan Solo. 
Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi. Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).
“Kami mendapat respon yang baik dalam pelaksanaan uji coba ini. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, dan sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan TCASH Ekstra - BTPN Wow!  lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan di agen terdekat. Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik,” kata Vice President MFS Operations Telkomsel Rudy Hamdani.
Rudi menjelaskan, sebanyak 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCASH telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan.  
Dalam uji coba yang dilakukan, Telkomsel dan BTPN bersama dengan TNP2K akan memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagai saluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikirimkan secara non-tunai. BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok. 
“Apa yang kami lakukan di sini sejalan dengan komitmen BTPN untuk mengambil peran penting dalam mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia. Dengan BTPN Wow!, penerima manfaat sekaligus dapat terhubung dengan layanan perbankan formal,” kata Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo. 
Sementara itu, TCASH merupakan saluran untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan. Layanan NFC (Near Field Communication) yang digunakan TCASH akan memberikan banyak kemudahan kepada penerima manfaat dalam bertransaksi. Cukup dengan menempelkan (tap) ponsel yang telah terhubung dengan TCASH  ke ponsel NFC (pengganti EDC) milik agen, maka transaksi dapat dilakukan.
Transaksi TCASH juga aman, karena menggunakan PIN enam digit untuk memproteksi transaksi mereka.  “Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi,” ujar Rudy.  
Rudy menambahkan, layanan penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah  melalui layanan TCASH Ekstra - BTPN Wow! meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi risiko kebocoran, dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai. Proses pengambilan berupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant TCASH maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan.
“Melalui layanan mobile payment yang berbasis teknologi informasi, Telkomsel lebih jauh dapat membantu pemerintah mendapatkan profil penyaluran bantuan sosial sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan,” tambah Rudy.
TCASH sebagai layanan mobile payment yang ditawarkan oleh Telkomsel dipercaya dapat menjadi solusi keuangan inklusif hingga perdesaan. Hal ini mengingat, di Indonesia, layanan telekomunikasi seluler telah berkembang dengan pesat selama beberapa tahun terakhir, dimana penetrasi seluler mencapai 130% dari total populasi, dan rata-rata keluarga telah memiliki satu buah ponsel di masing masing rumahnya. 
Guna mendukung hadirnya layanan keuangan digital yang prima, Telkomsel terus meningkatkan kualitas dan sebaran jaringannya. Saat ini, pelanggan Telkomsel didukung oleh  120.000 BTS yang hadir di berbagai penjuru negeri, di mana sekitar 57% merupakan BTS broadband (3G dan 4G). Tidak lupa penggelaran jaringan Internet cepat 4G juga sudah dapat dirasakan di lebih dari 150 kota di seluruh Indonesia. 
Telkomsel dan BTPN, pada April 2016 telah bekerjasama mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama. Layanan ini menghubungkan mobile money TCASH serta rekening tabungan BTPN Wow! yang merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan ponsel dan didukung jaringan agen untuk transaksi perbankan.(Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Telkomsel dan BTPN Uji Coba Penyaluran Non – Tunai Bantuan Sosial Pemerintah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan