728x90 AdSpace

Update
13 Mei 2017

Wabup Kuningan Turut “Nalusur” Bareng Kelana Buana ke Gua Indrakila

Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada (tengah) di Karang Nang Neng Nong
suarakuningan.com - Potensi alam Kabupaten Kuningan sangatlah kaya dan beragam, baik potensi wisata alamnya, maupun potensi wisata budaya dan sejarahnya bisa kita temui di Kabupaten Kuningan ini. Dari sejarah masa Neolitikum dan Masa Megalitikum (3000 SM)  sampai masa perjuangan kemerdekaan NKRI bukti-buktinya masih bisa kita jumpai sampai saat ini.

Salah satu potensi wisata sejarah dan budaya yang bisa kita datangi adalah rangkaian Gua Indrakila yang berada di Dusun Indrahayu Desa Karangkancana Kecamatan Karangkancana. Di sini terdapat beberapa gua-gua yang unik karena batuan yang berada disekitar area gua seperti batu karang di lautan.

Hari sabtu (13/5) Komunitas Kelana Buana Ralthagan kembali Nalusur (melakukan penelusuran serta pemetaan) situs sejarah dan budaya  di Kuningan. Untuk penelusuran ke Gua Indrakila kali ini, Kelana Buana Ralthagan ditemani oleh Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada (Kang Desem). 

Rombongan berangkat dari Kuningan pukul 12.00 wib dan sampai di lokasi gua indrakila pukul 13.00 wib. Dalam perjalanan menuju Gua Indrakila, Wabup menyoroti akses jalan yang rusak serta banyak beberapa diantaranya amblas.

Di dusun indrahayu ini terdapat rangkaian Gua Indrakila yang  terdiri dari beberapa gua, diantaranya adalah Gua Kandang Hayam, Guha Leutik/Racun, GuaAarjuna Sastrabahu, Gua Arjuna Minturaga, Karang Nang Neng Nong, Karang Nangtung dan terakhir Gua Patapaan Munding. Wakil Bupati mengungkapkan cukup terkesima oleh batuan-batuannya karena batuan disini seperti batuan karang laut.

Acara penelusuran kelana buana raltagan beserta Kang Desem ini diakhiri dengan makan bersama di bawah Karang Nang Neng Nong, untuk makanannya adalah Nasi Kasreng khas Luragung.

semoga dengan penelusuran ke gua Indrakila ini, potensi wisata di Kuningan yang masih tersembunyi bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat. Kami dari Komunitas Kelana Buana Ralthagan sangat mengapresiasi keikutsertaan Bapak Wakil Bupati Kuningan dalam penelusuran kali ini, sehingga pemerintah Kabupaten Kuningan bisa lebih memperhatikan potensi desa-desa di pelosok,“ ujar Kang Kusnadi sebagai  pupuhu Kelana Buana Ralthagan.

untuk siapapun yang ingin ikut penelusuran bersama Komunitas Kelana Buana Ralthagan, kami siap untuk mengantar pula,” ungkapnya.(Kang Dhani/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Wabup Kuningan Turut “Nalusur” Bareng Kelana Buana ke Gua Indrakila Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan