728x90 AdSpace

Update
25 Oktober 2017

Berjabat tangan, Sepele Tapi Banyak Kebaikan

Penulis: Kang Dodon (Dodon Sugiharto, S.Pd.,M.Pd. -
Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan)

suarakuningan.com - Berjabat tangan sudah menjadi kebiasaan yang  dilakukan  diberbagai negara termasuk di indonesia sendiri, bahkan jabat tangan dalam dunia bisnis sudah menjadi etika yang dilakukan para pebisnis dengan rekan kerjanya. bahkan jabat tangan bukan hanya dilakukan oleh orang yg saling mengenal tetapi juga bagi mereka yg belum saling mengenal dianjurkan untuk berjabat tangan agar kondisi pertemuan bisa mencair.

Berjabat tangan memang sangat dianjurkan oleh nabi muhammad SAW sesuai dengan hadist riwayat dibawah ini. “Adalah sahabat Nabi SAW apabila mereka bertemu, mereka saling berjabat tangan, dan apabila kembali dari perjalanan mereka saling berangkulan.” (HR. at-Thabrani).

Berdasarkan hadist tersebut maka dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain kita dianjurkan untuk berjabat tangan karena berjabat tangan akan semakin mempererat hubungan kita dengan orang lain, etika berjabat tangan sesusngguhnya memiliki tujuan untuk mempererat rasa persaudaraan antara sesama ummat manusia, dan menghilangkan rasa perselisihan diantara kita selain itu akan senatiasa memberikan  postif feeling dan positif thinking kepada orang lain.

Bahkan Secara Ilmiah terdapat beberapa manfaat jabat tangan, seperti yang disebutkan dalam laporan yang dimuat dalam ‘Journal of Cognitive Neuroscience.’ Para peneliti mencoba menukan jawaban tentang  pengaruh yang terjadi pada koneksi saraf akibat jabat tangan.dan ternyata hasilnya ketika kita berjabat tangan otak akan memproduksi hormon kebahagian atau endorfin yg memberikan rasa bahagia ketika bertemu dan berjabat tangan dengan orang lain.

Selain Florin Dolcos dari Beckman Institute menemukan bahwa berjabat tangan sebelum melakukan interaksi sosial akan meningkatkan dampak positif sekaligus mengurangi dampak negatif dalam pergaulan.

Kami menemukan bahwa berjabat tangan tidak hanya meningkatkan efek positif dalam berinteraksi, tetapi juga mengurangi kesan negatif,” kata Dolcos seperti dilansir Science Blog.

Menurutnya, seringkali terjadi kesalahan dalam interaksi sosial kita. Dengan berjabat tangan ,maka  kita dapat meredam dampak negatif dari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.dan mampu meredam permasalahan dan memulihkan situasi psikologis antar person.

Selain itu beberapa manfaat jabat tangan dalam Islam antara lain:
orang yg berjabat tangan diampuni dosanya.
berjabat tangan bisa menghilangkan rasa kebencian dalam hati.
berjabat tangan merupakan ciri dari orang-orang yg berhati lembut.
orang yang berjabat tanngan akan diampuni dosanya.
orang yang berjabat tangan doanya akan dikabulkan.

Salam.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Berjabat tangan, Sepele Tapi Banyak Kebaikan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan