Iklan Google 728

23 Agustus 2019

SMKN 1 Luragung Wakili Kabupaten Kuningan Kembali Raih Juara FLS2N SMK Provinsi Jawa Barat

suarakuningan.com - Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional jenjang SMK tingkat provinsi Jawa Barat tahun ini kembali lagi diselenggarakan dari mulai tanggal 20 - 22 Agustus 2019 di Lembang, Bandung.
Kontingen Kabupaten Kuningan diwakili oleh SMK Pertiwi Cilimus ( Bidang Lomba Solo Vokal ), SMK PGRI Ciawigebang ( Bidang Lomba Musik Tradisional ), SMKN 4 Kuningan ( Bidang lomba Tari Tradisional ), SMK Patriot Ciawigebang ( Bidang Lomba Solo Gitar Klasik ), SMKN 1 Luragung ( Bidang Lomba Film Pendek ) dan SMK Auto Matsuda ( Bidang Lomba Teater ). 

Dari enam Bidang Lomba, SMKN 1 Luragung satu-satunya sekolah yang mewakili Kabupaten Kuningan meraih Juara 2 Bidang Lomba Film Pendek setelah setahun sebelumnya berhasil menjadi peraih Medali Superior sebagai Film Unggulan IV di FLS2N Banda Aceh.

Masih mengangkat tema tentang  budaya melalui film Basundari Titis Sunda, SMK Luragung mengajak penonton untuk menyingkirkan mitos-mitos peninggalan jaman penjajahan Belanda yang bisa memporakporandakan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Diceritakan, setelah terjadinya Perang Bubat pada tahun 1357 M, NISKALA WASTU KANCANA putra dari LINGGA BUANA dan adik dari DYAH PITALOKA mengeluarkan aturan bahwa perempuan Sunda tidak boleh menikah dengan laki-laki Jawa dengan tujuan agar pertumpahan darah tidak terulang lagi dalam sejarah. Namun oleh penjajah Belanda hal itu kemudian dijadikan salah satu bagian dari politik Devide et Impera untuk memporakporandakan persatuan Indonesia. 

Mitos yang dikenal sebagai Estri Larangan sampai saat ini masih banyak yang mempercayainya, dalam film ini digambarkan melalui tokoh ISMOYO HASTU UTOMO ( Agy Yulia Priana ). BASUNDARI TITIS SUNDA ( Lensy Okta Rismayanti ) anaknya, sering terganggu gumaman ISMOYO HASTU UTOMO yang sedang sakit. Ismoyo percaya bahwa kematian istrinya DYAH CEMPAKA itu terjadi dikarenakan ia melanggar mitos estri larangan. 

Titis kemudian mencoba mencari tahu lebih banyak tentang mitos itu, mulai dari mempelajari sejarah perang bubat dari buku – buku dan membuka referensi literasi dari internet. Kian hari kondisi kejiwaan Titis kian terganggu, ia gamang dan tertekan dalam situasi hidup diantara logika dan mitos. Hal ini membuat bingung WISAKA ( Didi Rasidi ), teman dekatnya atas perubahan sikap Titis dan menganggap mitos itu adalah sebuah kekonyolan dalam menyikapi peristiwa sejarah.

Film ini ditulis skenarionya oleh Aldi Wijaya, penata kamera digarap oleh Ade Riyan, Editor oleh Anggit Kurniawan, Artistik & Audio ditata oleh Aep M. Abrodi dan di Sutradarai  Ilham Ramadan.

Berikut daftar pemenang FLS2N Jenjang SMK tingkat Provinsi Jawa Barat :
1. Teater
Juara 1 SMK Budi Raksa LEMBANG
Juara 2 SMKN 10 BANDUNG
Juara 3 SMKN 2 SUKABUMI
2. Film Pendek
Juara 1 SMK Al Wafa Ciwidey BANDUNG
Juara 2 SMKN 1 LURAGUNG KUNINGAN
Juara 3 SMKN 1 RANCAH CIAMIS
3. Solo Vocal
JUARA 1 SMKN 1 KABUPATEN GARUT
JUARA 2 SMKN 1 Cipanas KABUPATEN CIANJUR
JUARA 3 SMKN 1 Kota SUKABUMI
4. Musik Tradisional
JUARA 1 SMKN 1 SUMEDANG
JUARA 2 SMKN 10 Bandung
JUARA 3 SMK SENI SUBANG
5. Tari Tradisional
JUARA 1 SMKN 10 Bandung
JUARA 2 SMKN 3 Kota Cimahi
JUARA 3 SMKN 1 Sukabumi
6. Solo Gitar Klasik
JUARA 1 SMKN 10 Bandung
JUARA 2 SMKN 2 Bogor
JUARA 3 SMKN ISB Suryalaya Tasikmalaya

(humas SMKN 1 Bonti/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: SMKN 1 Luragung Wakili Kabupaten Kuningan Kembali Raih Juara FLS2N SMK Provinsi Jawa Barat Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan