728x90 AdSpace

-->
Update
31 Maret 2020

Good Mindset for Good Life

oleh : Coach Ari (FB. Ari M. Ridwan) ( IG; @Ari M. Ridwan)

(Trainer Amco / Leadership Trainer / Kepala Bagian Pembinaan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam / Konsultan Permasalahan Pelajar dan Pemuda / Trainer Muda Kuningan / Mahasiswa Semester Akhir Pasca Sarjana Uniku Prodi Magister Manajemen / Instruktur Senam Kebugaran / Penulis Buku “Kembali Kepada Fitrah” )

Apa yang kita lakukan hari ini, akan berimbas pada apa yang akan kita jalani esok hari. Masalah-masalah yang ada setiap harinya adalah sebuah anugerah agar kita bisa terus belajar. Adapun banyak orang yang menghindar dari masalah karena merasa bahwa masalah yang datang kepada dia itu sebuah musibah. 

Padahal, setiap masalah itu tidak salah, yang salah itu adalah cara kita dalam menyikapi masalah. Dan agar kita bisa menyikapi masalah dengan baik, perlu mindset yang baik pula. Jika mindset kita baik dan bisa menjalankan kehidupan terbaik meskipun masalah datang. 

Setidaknya ada enam mindset yang harus kita jaga dan pertahankan, yaitu:  
1. Jaga sikap baik. Latihlah sikap kita, karena sikap inilah yang akan memberikan berbagai kemungkinan dalam hari-hari yang kita jalani. Banyak orang yang gagal menemukan peluang baru, karena sejak awal memiliki sikap tertutup terhadap perubahan. Seperti sekarang, dengan satu wabah semuanya seakan-akan berubah dan perlu sikap yang baik dalam menyikapi perubahan ini agar kita tidak merugi.
2. Milikilah prioritas setiap hari. Karena prioritas inilah yang akan membuat kita tetap fokus dalam menjalani kehidupan. Banyak pengganggu dalam kehidupan kita, jika kita tidak memiliki fokus, maka akan banyak pekerjaan dan tugas penting yang seharusnya kita lakukan malah terlewatkan.
3. Menjaga kesehatan. Karena kesehatan akan memberi kekuatan. Jangan menunggu tua atau mapan untuk menjaga kesehatan. Padahal, kesehatan itu harus kita jaga setiap hari. Banyak orang yang tidak memiliki energi karena kondisi kesehatannya yang tidak baik. Dalam kondisi seperti sekarang, menjaga kesehatan adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Tidak harus pergi jauh dan bayar mahal. Cukup memakan-makanan yang halal dan baik, serta berolahraga sebisanya di rumah seperti jalan kaki di halaman rumah, push up, shit up, dan sejenisnya.
4. Menjaga keharmonisan keluarga. Karena keluarga adalah sumber stabilitas hidup kita. Pak Cahyadi takariyawan, seorang trainer parenting pernah menyampaikan bahwa permasalahan yang banyak terjadi di negeri ini berawal dari keluarga. Manfaatkan kondisi sekarang untuk membuat dan merancang kembali tujuan di dalam keluarga. Buatlah target masing-masing anggota keluarga, dan presentasikanlah secara bergiliran.
5. Jaga pikiran baik. Karena pikiran akan menciptakan keunggulan. Fisik atau latarbelakang seseorang bisa saja sama, tapi kualitas pikiran kita yang akan memberikan perbedaan dan keunggulan. Kualita pikiran akan selalu tergantung pada apa yang kita dengar dan kita lihat. So, pastikan telinga dan mata ini mengkonsumsi hanya sesuatu yang baik. Maka dijamin, apa yang ada di dalam pikiran kita hanya sesuatu yang baik.
6. Libatkan Alloh dimanapun kita berada. Seperti tercatat di dalam salah satu ayat di surat Al hadiid, bahwa Alloh ada dimanapun kita berada. Alloh selalu memberikan yang terbaik dalam kehidupan kita. Mungkin apa yang Alloh berikan tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan, tapi sudah pasti selalu sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Termasuk dengan wabah Corona ini, mungkin kondisi ini yang sekarang kita sedang butuhkan agar bisa menyadari bahwa kita ini tidak berarti jika tidak melibatkan Alloh. 

Kita ini kecil dan tidak bisa melakukan apa-apa kecuali dengan izin Alloh. 


Semoga ketika kita memperbaiki mindset kita, kita bisa lebih menikmati kehidupan setiap harinya karena tindakan kita bisa tertata dan tidak jauh dengan Sang Pencipta. Saya yakin, ketika kita dekat dengan Sang Pencipta, kondisi sesulit apapun akan bisa kita lewati, termasuk pandemi ini. Karena setelah pandemi pasti ada musim semi. Keep good mindset and you Will get a good life.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Good Mindset for Good Life Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan